Jakpro dan PGN Bangun Utilitas Gas Bumi di DKI

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 21:03 WIB
PGN dan Jakpro bekerja sama membangun utilitas energi gas bumi dan lainnya di wilayah DKI Jakarta. PGN dan Jakpro bekerja sama membangun utilitas energi gas bumi dan lainnya di wilayah DKI Jakarta. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PGN Tbk bekerja sama dengan Jakarta Propertindo (Jakpro) dalam penyediaan energi gas bumi dan utilitas lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memandang kerja sama ini merupakan titik awal dalam membangun sebuah cetak biru pendistribusian energi di Jakarta untuk jangka panjang.

Sesudah head of agreement (HOA) ditandatangani, kerja sama ini akan diwujudkan secara konkret. Rancangan cetak biru bagi Jakarta perlu segera dimulai, mengingat kebutuhan gas tidak bisa dipisahkan dengan energi lain.


"Bagi Jakpro dan PGN dituntaskan kerja sama ini, nanti kita juga perlu turunan-turunannya yang konkret dan segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jakarta," ujar Anies, dikutip dari rilis, Kamis (5/8).

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto menyatakan bahwa sinergi antara PGN dan Jakpro ini dapat mewujudkan Jakarta sebagai provinsi yang ramah lingkungan dan menyediakan kemudahan akses energi yang semakin modern, aman, praktis, serta berkelanjutan.

PGN dan Jakpro akan bekerja sama dalam menyediakan energi gas bumi untuk kawasan hunian dan komersial di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Total potensi penyaluran gas untuk hunian dan komersial adalah sebanyak 80 ribu sambungan yang akan mendapatkan energi gas bumi, baik melalui pengembangan jaringan pipa gas maupun menggunakan moda non-pipa yaitu CNG.

PGN dan Jakpro akan melakukan optimalisasi terkait pekerjaan kontsruksi pipa gas bumi bersamaan dengan proyek sarana jaringan utilitas terpadu maupun revitalisasi trotoar yang sedang berjalan di DKI Jakarta.

"Kerja sama ini ditujukan untuk mendapatkan efisiensi waktu dan biaya termasuk wujud sinergi stakeholder sesuai semangat Jakarta sebagai Kota Kolaborasi," ucap Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto.

Kerja sama ini juga diniatkan untuk mewujudkan cita-cita Jakarta menjadi Livable City. Sebagai informasi, saat ini baru sekitar 15.086 sambungan rumah tangga di Jakarta yang mendapatkan akses infrastruktur gas bumi.

Jumlah tersebut baru mengakomodir sekitar 7 persen apabila dibandingkan dengan total jumlah bangunan hunian di DKI. Melalui kerja sama ini diharapkan semakin banyak hunian rumah tangga yang mendapatkan akses terhadap gas bumi dari PGN.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK