Eks Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang Jadi Wakomut BSI

ulf, CNN Indonesia | Selasa, 24/08/2021 17:33 WIB
Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) ditunjuk sebagai Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI. Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) ditunjuk sebagai Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI.(CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemegang saham PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjuk mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi, atau dikenal sebagai Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI. Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa (24/8).

Selain itu, rapat juga mengangkat Adiwarman Azwar Karim sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI. Ia menggantikan Mulya E. Siregar. RUPSLB itu berisi mata agenda tunggal yakni perombakan susunan dewan komisaris.

"Dalam RUPSLB ini mengangkat Adiwarman Azwar Karim sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI dan Muhammad Zainul Majdi sebagai Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI," bunyi keterangan resmi BSI, Selasa (24/8).


Untuk diketahui, TGB menjabat sebagai gubernur NTT selama dua periode, yakni 2008 hingga 2013 dan 2013 hingga 2018. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai anggota DPR-RI masa jabatan 2004-2009 dari Partai Bulan Bintang (PBB). Ia juga pernah menjadi anggota Partai Demokrat, namun sekarang telah berlabuh di Partai Golkar.

Ia merupakan pendukung Presiden Joko Widodo pada masa kampanye lalu. Dia mengundurkan diri Partai Demokrat lantaran Demokrat telah menyatakan dukungan pada pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga Uno. Pada Desember 2018, TGB bergabung dengan Partai Golkar dan ditunjuk sebagai wakil ketua umum badan pemenangan pemilu 2019.

Sementara itu, Adiwarman Azwar Karim adalah akademisi dan praktisi ekonomi syariah. Saat ini, ia dipercaya menjadi anggota Dewan Syariah Nasional MUI dan dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah.

Pada semester I 2021, BSI mencatat perolehan laba bersih sebesar Rp1,1 triliun, naik 34,29 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Kenaikan laba itu dipicu oleh pertumbuhan pembiayaan dan dana pihak ketiga (DPK) yang berkualitas, sehingga biaya dana dapat ditekan.

Bank syariah milik Himbara ini telah menyalurkan pembiayaan hingga Rp161,5 triliun per Juni 2021. Jumlah tersebut naik sekitar 11,73 persen dari periode yang sama pada 2020 yang sebesar Rp144,5 triliun.

Dengan demikian, susunan Dewan Komisaris BSI adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI: Adiwarman Azwar Karim
Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen BSI: Muhammad Zainul Majdi (TGB)
Komisaris: Suyanto
Komisaris: Masduki Baidlowi
Komisaris: Imam Budi Sarjito
Komisaris: Sutanto
Komisaris Independen: Bangun Sarwito Kusmulyono
Komisaris Independen: M. Arief Rosyid Hasan
Komisaris Independen: Komaruddin Hidayat

[Gambas:Video CNN]



(age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK