Daftar BUMN Punya Bisnis Internet: Telkom hingga PLN

CNN Indonesia | Kamis, 02/09/2021 20:15 WIB
Sejumlah BUMN memiliki lini bisnis penyediaan layanan internet, mulai dari Telkom hingga PLN. Berikut daftarnya. Sejumlah BUMN memiliki lini bisnis penyediaan layanan internet, mulai dari Telkom hingga PLN. Ilustrasi. (Pixabay.com).
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini memiliki lini bisnis di bidang penyediaan jasa layanan internet. Mulai dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang memang bergerak di industri telekomunikasi hingga PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN yang melebarkan sayap dari bisnis inti di sektor kelistrikan.

Pertama, Telkom Indonesia. Produk internet dari perusahaan ini adalah Indonesia Digital Home atau lebih dikenal dengan IndiHome, yang diluncurkan sejak 2013.

Produk ini menyediakan jaringan internet yang tersambung dengan telepon rumah dan TV berbayar bagi pelanggan. Layanan internet diberikan dengan kecepatan hingga 300Mbps.


Kedua, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Perusahaan pengelola jalan tol ini memiliki lini bisnis internet melalui anak usahanya, PT Jasa Marga Related Business (JMRB).

Perusahaan memiliki jaringan fiber optik untuk layanan internet di wilayah Jawa. Layanan internet ini bisa menjadi alternatif bagi pengguna di sepanjang jalan tol milik perusahaan yang ada di Jawa.

Kendati begitu, perusahaan pernah mengklaim bahwa layanan internet ini tidak bermaksud menyaingi lini bisnis internet dari sesama perusahaan pelat merah lain. Tapi, hanya sebagai alternatif bagi pengguna jalan tol.

Ketiga, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGAS. Layanan internet diusahakan oleh anak usaha, PT Telemedia Dinamika Sarana sejak 2019.

Produknya dinamai Gasnet dengan layanan kepada kelompok ritel dengan nama Gasnet Prime maupun korporasi melalui Gasnet Maxx. Selain itu, perusahaan juga memiliki produk Gasnet Play yang berupa layanan internet dengan TV kabel.

Produk lain, yaitu Gasnet Simple, Gasnet Plus, Gasnet On Air, dan Gasnet Synergy. Namun layanan internet ini baru tersedia secara terbatas di beberapa wilayah, seperti Jakarta, Bekasi, hingga Batam.

Keempat, PLN melalui anak usaha PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) dengan produk bernama Iconnet. Layanan internet ini berbasis broadband dengan dua paket penawaran, yaitu internet saja dan paket dengan layanan TV kabel.

Perusahaan menyediakan layanan internet ini untuk melengkapi layanan kelistrikan yang merupakan bisnis inti PLN. Namun, layanan ini masih terbatas di beberapa wilayah, seperti Jabodetabek, Jawa, Bali, Sumatera, dan sebagian Indonesia bagian timur.

[Gambas:Video CNN]



(uli/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK