Mulai Besok, Sertifikat Vaksin Gantikan STRP untuk Naik KRL

CNN Indonesia | Selasa, 07/09/2021 21:02 WIB
KAI Commuter mengubah syarat perjalanan KRL dari semula harus menyertakan sejumlah dokumen, seperti STRP menjadi cukup menunjukkan sertifikat vaksin covid. KAI Commuter mengubah syarat perjalanan KRL dari semula harus menyertakan sejumlah dokumen, seperti STRP menjadi cukup menunjukkan sertifikat vaksin covid. Ilustrasi. (Pedulilindungi).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT KAI Commuter mengubah syarat perjalanan KRL bagi penumpang dari semula harus menyertakan sejumlah dokumen, seperti Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP), surat tugas, surat keterangan kerja, hingga surat dari pemerintah setempat, menjadi cukup menunjukkan sertifikat vaksin covid-19 minimal satu dosis vaksin.

"Syarat sertifikat vaksin ini mulai berlaku efektif pada Rabu, 8 September 2021," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Selasa (7/9).

Kendati begitu, Anne menjelaskan pengguna masih bisa menggunakan sejumlah dokumen lama untuk melakukan perjalanan pada 8-10 September 2021. Sebab, tiga hari ini ditetapkan sebagai masa transisi, tapi mulai Sabtu (11/9), syarat perjalanan yang diterima hanya sertifikat vaksin covid-19.


Anne mengatakan penumpang bisa menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi, secara fisik atau dicetak, hingga secara digital dalam bentuk dokumen foto. Selain itu, petugas akan meminta pengguna menunjukkan KTP atau identitas lainnya guna mencocokkan data dengan sertifikat vaksin.

Bila pengguna belum memiliki sertifikat karena belum divaksin, maka harus menyertakan alasan medis kepada petugas. Misalnya, belum lama pulih dari covid-19 dan lainnya dengan surat keterangan dokter, sehingga pengguna nantinya tetap bisa menggunakan layanan KRL.

Lebih lanjut, aturan menunjukkan sertifikat vaksin ini berlaku di KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo, KA Prambanan Ekspres (Kutoarjo-Yogyakarta PP), dan KA Lokal yang dioperasikan oleh KAI Commuter.

KAI Commuter mengingatkan agar penumpang sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebelum tiba di stasiun. Selanjutnya, penumpang bisa memindai kode QR di area masuk stasiun dengan aplikasi untuk masuk.

[Gambas:Video CNN]

Bila syarat vaksinasi sudah sesuai maka akan terlihat warna hijau saat melakukan check in. Sesampainya di stasiun tujuan, para pengguna tidak perlu melakukan check out.

Kendati begitu, ada beberapa stasiun yang belum bisa melakukan layanan check in dengan aplikasi, misalnya Stasiun Duri, Stasiun Cilebut, Stasiun UI, dan Stasiun Sawah Besar serta seluruh stasiun di wilayah KRL Yogyakarta-Solo, dan Kutoarjo.

"Pada stasiun-stasiun tersebut seluruhnya pemeriksaan sertifikat vaksin melalui sertifikat yang dicetak fisik atau digital dengan tetap menunjukkan kartu identitas," tandasnya.



(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK