Solusi Keamanan Data & File Sharing, MBT Hadirkan EasiShare

Computrade | CNN Indonesia
Senin, 13 Sep 2021 14:11 WIB
PT MBT bermitra dengan Inspire-Tech menghadirkan EasiShare sebagai solusi kebutuhan melindungi data perusahaan dan peningkatan efisiensi operasional bisnis. PT MBT bermitra dengan Inspire-Tech menghadirkan EasiShare sebagai solusi kebutuhan melindungi data perusahaan dan peningkatan efisiensi operasional bisnis. (Arsip Cumputrade).
Jakarta, CNN Indonesia --

Seiring dengan gencarnya program vaksinasi Covid-19, kelanjutan penerapan sistem kerja remote working atau lebih populer disebut work from home menjadi perhatian utama para eksekutif bisnis di tengah pandemi.

Apapun sistem kerja yang ke depannya bakal diterapkan, baik tetap WFH, kembali ke cara lama, atau bahkan kombinasi keduanya (hybrid workforce), namun kebutuhan untuk melindungi file atau data perusahaan dan peningkatan efisiensi operasional bisnis tidak akan terelakkan. Bahkan akan semakin besar lantaran ancaman keamanannya pun semakin meningkat.

Hal tersebut sangat dipahami oleh PT Mega Buana Teknologi (MBT) anak perusahaan dari CTI Group. Mengutip laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pada 2020 di Indonesia terjadi 2549 kasus email phishing dan 79.439 akun yang mengalami kebocoran data.


Selain itu data Verizon 2021 Data Breach Investigations Report, mengungkap terjadi kesalahan dasar manusia (basic human error), khususnya di industri kesehatan seperti yang terjadi selama beberapa tahun terakhir. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah Misdelivery (36 persen), dengan jenis data yang dikompromikan yaitu Personal (66 persen), Medical (55 persen), Credentials (32 persen), dan lain-lain (20 persen).

Fakta-fakta tersebut menjadi pendorong bagi MBT berkolaborasi dengan Inspire-Tech, perusahaan penyedia solusi IT berbasis di Singapura, untuk menghadirkan EasiShare, solusi keamanan untuk file sharing sekaligus mendorong peningkatan efisiensi kegiatan operasional bisnis.

Bagi MBT, kolaborasi ini juga sejalan dengan fokus MBT untuk menjadi penyedia solusi infrastruktur TI, komputasi cloud dan keamanan data yang menghadirkan nilai tambah untuk perusahaan dan organisasi di Indonesia.

President Director MBT, Yuwono Pranata mengatakan, pihaknya sangat optimis menyambut kemitraan dengan Inspire-Tech. Apalagi momentumnya bertepatan dengan kondisi saat ini yang memaksa perusahaan untuk menerapkan sistem kerja WFH.

Dia menambahkan, dengan semakin banyak karyawan yang bekerja dari jarak jauh atau rumah kebutuhan akan remote sharing dokumen, file dan data-data penting yang bersifat konfidensial melalui jaringan internet juga meningkat pesat.

"EasiShare memastikan sharing data tersebut bisa berlangsung secara lancar dan terjamin keamanannya," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (13/9).

Sebagai solusi, EasiShare menawarkan interface yang sangat intuitif dan mudah digunakan sehingga sharing dan kolaborasi yang melibatkan data-data milik perusahaan yang bersifat konfidensial dapat dilakukan secara seamless dan aman berkat keunggulan solusi ini dalam memitigasi ancaman siber dan pembobolan data. Melalui kerjasama dengan MBT, EasiShare saat ini bisa digunakan oleh perusahaan di Indonesia baik secara on-premise, model cloud maupun hybrid.

Selain itu, penggunaan EasiShare juga dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menekan terjadinya ancaman keamanan data yang disebabkan oleh human error. Sebagai contoh di industri pelayanan kesehatan, penggunaan solusi EasiShare ini memungkinkan para tenaga kesehatan profesional mentransfer laporan medis baik antarlokal maupun luar negeri melalui tautan yang aman yang dihasilkan satu kali dalam hitungan detik.

Segala bentuk akses tidak sah akan diminimalisir oleh fitur keamanan lanjutan seperti otentikasi dua faktor (OTP), tanggal kedaluwarsa, batas upaya pengunduhan, integrasi AD, dan pembatasan jenis file. Selain itu, EasiShare membantu penyedia layanan kesehatan untuk mematuhi kebijakan keamanan data dan memungkinkan administrator menyesuaikan kebijakan keamanan data organisasi dengan mudah di dalam portal admin hanya dengan beberapa klik.

CEO Inspire-Tech, Sharon Teo menjelaskan, kerjasama dengan MBT ini menawarkan kesempatan pertumbuhan yang signifikan bagi InspireTech. Hingga saat ini solusi EasiShare telah digunakan dan dipercaya oleh lebih dari 500 perusahaan dan organisasi berskala global.

"Dengan jaringan mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia, pemahaman pasar yang mumpuni dan dukungan sumber daya manusia yang profesional dan engineer-engineer yang bersertifikat internasional yang dimiliki MBT, kami optimis Inspire-Tech dapat berbagi pengalaman dalam menghadirkan lingkungan kerja diera digital yang lebih baik dan lebih aman bagi perusahaan dan organisasi di Indonesia," katanya.

Melalui kolaborasi ini MBT dan InspireTech siap membantu perusahaan dan organisasi di Indonesia dari berbagai sektor industri yang ingin melindungi file-file dan data perusahaan dalam lingkungan kerja yang menerapkan sistem kerja baru, dengan tetap comply dan berbagai aturan yang ada serta memastikan tujuan tercapainya tujuan dari transformasi digital yang saat ini terus dilakukan.

PT MBT adalah anak perusahaan CTI Group yang didirikan sebagai value-added distributor dalam solusi cloud, data dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang terus bertumbuh dengan cepat, serta mengikuti perkembangan bisnis di Indonesia. MBT menawarkan solusi yang efisien, fleksibel, hemat biaya, dan scalable untuk lintas industri.

(osc/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER