Jokowi Minta Dunia Usaha Segera Ekspansi

CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 15:00 WIB
Jokowi meminta dunia usaha dan perbankan mulai berekspansi agar ekonomi dalam negeri yang sempat tertekan corona bisa tumbuh lagi. Jokowi meminta dunia usaha dan perbankan mulai berekspansi lagi agar ekonomi dalam negeri yang sempat tertekan corona bisa tumbuh lagi. Ilustrasi. (Lukas - Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Jokowi minta agar perbankan dan dunia usaha sesegera mungkin melakukan ekspansi. Untuk perbankan, ia mengimbau agar ekspansi bisa dilakukan dengan segera mengucurkan kredit agar dapat kegiatan dunia usaha bisa tumbuh lagi.

Jokowi juga menginginkan pandemi dapat digunakan oleh dunia usaha sebagai alat transformasi ekonomi Indonesia.

"Sekali lagi, pandemi harus kita jadikan momentum transformasi ekonomi Indonesia, kita juga akan mengembangkan ekonomi berkelanjutan, green economy, dan blue economy," kata Jokowi dalam UOB Economic Outlook, Rabu (15/9).


Jokowi mengatakan usai pandemi, Indonesia memiliki peluang untuk tumbuh lebih tinggi. Apalagi tambahnya, pasar ekspor masih terbuka sangat lebar serta pemulihan ekonomi juga mulai terjadi pada mitra dagang Indonesia.

Negara yang pulih itu antara lain,  Amerika Serikat yang tumbuh 12,2 persen, Jepang tumbuh 7,6 persen, dan bahkan India tumbuh 20,1 persen. Ia meminta agar pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya.

Sebelumnya, pemerintah telah menggelontorkan insentif agar dunia usaha dapat mulai bergerak kembali. Pada 2020, kementerian keuangan menyalurkan Rp695,2 triliun untuk pemulihan ekonomi nasional.

Pada tahun ini, pemerintah mengeluarkan Rp744,75 triliun yang dialokasikan untuk dana kesehatan dan pemulihan ekonomi secara berimbang.

[Gambas:Video CNN]

Jokowi turut mengapresiasi kepatuhan dunia usaha dan masyarakat dalam menjalankan kegiatannya. Sehingga ekonomi dapat mulai menggeliat kembali.

Ia menambahkan dengan adanya reformasi struktural yang dapat memudahkan izin dalam dunia usaha, diharapkan dapat menumbuhkan investasi yang lebih tinggi di tanah air.

"Reformasi perizinan juga sudah mulai berjalan melalui online single submission (OSS) berbasis risiko. Sehingga menciptakan iklim investasi yang menarik," katanya.

Ia turut mengajak pengusaha untuk memanfaatkan peluang ekonomi ini. Sehingga perekonomian dapat tumbuh dan kesehatan masyarakat dapat terjaga.

(fry/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK