Langkah yang Harus Dilakukan Saat Ditagih Utang Pinjol Ilegal

CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 19:27 WIB
OJK memberikan beberapa cara yang harus dilakukan masyarakat yang tiba-tiba ditagih utang oleh pinjol padahal tidak pernah meminjam. Berikut langkahnya. OJK memberikan beberapa cara yang harus dilakukan masyarakat yang tiba-tiba ditagih utang oleh pinjol padahal tidak pernah utang. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Modus penawaran yang dipakai oleh pinjaman online (pinjol) kian kreatif, terutama pinjol ilegal. Fitur kemudahan, kecepatan, dan praktisnya pinjol ilegal kerap menjadi alasan utama masyarakat memilih mengambil utang dari pinjol ilegal dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

Bila tak hati-hati dan teliti, bisa jadi Anda malah jadi korban pinjol ilegal yang mengenakan bunga selangit dan menggunakan data pribadi Anda untuk penagihan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut mereka bisa saja mengirimkan pesan modus penipuan yang menagih pinjaman meski Anda tidak merasa pernah menggunakan jasa mereka.


Bila Anda mendapat pesan penagihan, OJK menyebut hal pertama yang dilakukan adalah mengecek legalitas pinjol yang menghubungi. Anda bisa mengecek di tautan bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi kontak OJK 157.

Bila tidak terdaftar alias ilegal, langsung blokir dan abaikan kontak penagih.

Namun, bila penagih mengancam atau mengintimidasi, segera laporkan ke aparat keamanan, seperti kepolisian terdekat.

[Gambas:Video CNN]

OJK menekankan bahwa penawaran dana cepat lewat pesan singkat sudah pasti berasal dari pinjol ilegal. Maka itu, jangan klik tautan atau link yang mereka kirimkan.

Pasalnya, pinjol yang terdaftar dan diawasi OJK dilarang menyampaikan penawaran melalui saluran komunikasi pribadi.

"Pernah menerima tawaran pinjaman online di SMS atau WA? Pasti ilegal. Langsung hapus, blokir, jangan hiraukan!" tegas OJK.

(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK