BUMN Bakal Ekspor 2 Kontainer Beras ke Arab Saudi

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 14:10 WIB
BUMN RNI akan mengekspor 2 kontainer beras ke Arab Saudi. Itu realisasi MoU antara Dirut Sang Hyang Seri Karyawan Gunarso dan GM Al Batlah Muhammad Husein. BUMN RNI akan mengekspor 2 kontainer beras ke Arab Saudi. Itu realisasi MoU antara Dirut Sang Hyang Seri Karyawan Gunarso dan GM Al Batlah Muhammad Husein. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi menyatakan pihaknya bakal mengekspor 2 kontainer beras premium petani RI ke Arab Saudi. Namun, ia tak menyebutkan berapa nilai ekspor tersebut.

Ekspor tersebut merupakan kerja sama antara PT Sang Hyang Seri (Persero) dengan perusahaan Arab Saudi, Al Batlah.

"Kami akan ekspor 2 kontainer ke depan. Tadinya engga ada," katanya pada peluncuran aplikasi Warung Pangan, Kamis (16/9).


Mengutip rilis resmi Kementerian Perdagangan, ekspor tersebut merupakan realisasi dari MoU antara Direktur Utama Sang Hyang Seri Karyawan Gunarso dan General Manager Al Batlah Muhammad Husein pada Senin (14/6) lalu.

"Masa pandemi covid-19 saat ini justru menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan produk-produk Indonesia ke pasar Arab Saudi. Mudah-mudahan tahun depan jemaah umrah dan haji sudah bisa beribadah ke Arab Saudi, dan saat itu terjadi beras Indonesia sudah tersedia di sini," kata Kepala ITPC Jeddah Muhammad Rivai Abbas lewat rilis, Jumat (18/6).

Menurut Karyawan, pihaknya mampu memasok kebutuhan beras di Arab Saudi mengingat pihaknya memiliki lahan seluas 3.000 hektare dan lahan tambahan seluas 10 ribu hektare yang mampu menghasilkan kurang lebih 25 ribu ton beras per tahun.

"Kami harap dari ekspor beras ini akan berlanjut ke rencana jangka panjang yang membuka peluang ekspor produk-produk hortikultura lainnya dan berbagai kerja sama investasi dengan para pengusaha Arab Saudi di masa mendatang," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK