2 Kapal Perang Fregate Milik TNI Butuh 69 Bulan Pengerjaan

CNN Indonesia | Sabtu, 18/09/2021 15:35 WIB
Dua kapal Fregate buatan PT PAL akan dilengkapi berbagai persenjataan canggih. Ilustrasi dua kapal Frigate buatan PT PAL. (Foto: www.arrowhead140.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PAL Indonesia (Persero) dan Rosyth Royal Dockyard Ltd. (Babcock) berkolaborasi akan membangun dua kapal Fregate Arrowhead 140 (AH40). Rencananya dua kapal itu akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan. 

Dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com pada Sabtu (18/9), kapal akan menggunakan mesin utama (main engine) berspesifikasi 4x9100 kW.

Desain kapal perang (AH40) disebut serupa dengan kapal perang fregat tipe 31 milik Inggris yang diproduksi Babcock International di Rosyth, Skotlandia.


Dengan pasokan tenaga sebesar itu, kapal bisa melaju hingga kecepatan 28 knot dengan kondisi maximum continuous rating (MCR) atau output maksimum yang mampu diproduksi stasiun pembangkit tenaga listrik secara terus-menerus dalam kondisi normal.

Selain itu PT PAL juga mengutamakan endurance (waktu kapal bisa melanjutkan operasional di bawah kondisi khusus misal habis bahan bakar) pada 18 knot sebesar 9.000 NM.

Kapal Frigate akan dilengkapi dengan Diesel Generator 4x1360 kW dan emergency D/G 1x180 kW. Kapal juga dilengkapi Bow Thruster sebesar 925 kW untuk memudahkan manuver.

Untuk persenjataan, kapal akan dilengkapi dengan rudal untuk mendukung pertahanan udara. Rudal memiliki spesifikasi peluncur rudal vertikal jarak sedang (vertical launcher missile surface to air medium range) 3x8 cells.

Kapal itu semakin lengkap dengan peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh (vertical launcher missile surface to air long range) 4x8 cells, dan peluncur rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh (vertical launcher missile surface to surface long range) 2x8 cells.

Klaim PT PAL, proses pemasangan menggunakan sistem Fit For But Not With (FFBNW).

Penandatanganan kerjasama PT PAL Indonesia dan dan Babcock berlangsung pada Kamis (16/9) oleh CEO Kaharuddin Djenod dan CEO David Lockwood, disaksikan Menhan Prabowo Subianto di London, Inggris.

Babcock dipilih setelah mempertimbangkan portofolio dan rekam jejak perusahaan sebagai penyedia naval technology modern. Babcock bertindak sebagai penyedia desain.

(els/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK