Program Kartu Prakerja Berakhir, Gelombang 21 Terakhir

CNN Indonesia
Rabu, 22 Sep 2021 14:52 WIB
Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Kerja menyatakan gelombang 21 merupakan gelombang terakhir program pelatihan. Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Kerja menyatakan gelombang 21 merupakan gelombang terakhir program pelatihan. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menyampaikan program insentif pelatihan bagi pencari kerja akan berakhir pada gelombang 21.

"Gelombang 21 adalah gelombang terakhir," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/9).

Kartu Prakerja ditutup dengan gelombang 21 sesuai dengan alokasi anggaran semester 2 yang mencapai Rp21,2 triliun. Rencananya, pemerintah akan menerima menerima 754.929 peserta pada gelombang terakhir ini.


Namun demikian, Louisa tidak menutup kemungkinan akan ada gelombang tambahan yang diadakan dalam waktu dekat. Ini dikarenakan terdapat sejumlah peserta Kartu Prakerja terpilih yang belum menggunakan insentifnya untuk kegiatan pelatihan.

Bagi peserta Kartu Prakerja gelombang 18 hingga 21 yang belum menggunakan insentifnya, status kepesertaannya terancam dicabut. Dalam hal ini, dana yang tidak terpakai akan dialihkan kepada peserta Kartu Prakerja di gelombang tambahan.

"Nanti total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan," tambah Louisa.

Sebagai informasi, peserta Kartu Prakerja akan menerima sejumlah insentif yang diberikan oleh pemerintah, di antaranya bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta. Bantuan ini dapat digunakan untuk mengambil kelas pelatihan di berbagai lembaga yang telah bekerja sama dengan PMO Prakerja.

Kemudian, insentif pasca pelatihan akan diberikan sebesar Rp600 ribu per bulan. Terakhir, terdapat insentif pascasurvei sebesar Rp150 ribu per survei.

Secara keseluruhan, peserta akan mendapat insentif sebesar Rp3,55 juta selama mengikuti program Kartu Prakerja.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER