Buruh dari Jambi Cerita Manfaat Penting JKN-KIS

BPJS Kesehatan, CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 14:17 WIB
Buruh di perusahaan sawit asal Jambi, Absah merasa aman sebagai peserta JKN-KIS karena bisa dibutuhkan mendadak jika sewaktu-waktu harus berobat. Buruh di perusahaan sawit asal Jambi, Absah merasa aman sebagai peserta JKN-KIS karena bisa dibutuhkan mendadak jika sewaktu-waktu harus berobat. (Arsip BPJS Kesehatan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Prinsip gotong royong dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi para peserta yang membutuhkan.

Absah (53) merupakan peserta JKN-KIS dari segmen Peserta Penerima Upah (PPU) berbagi cerita mendapat manfaat dari keikutsertaannya dalam program BPJS Kesehatan tersebut. Sebagai seorang karyawan buruh perkebunan sawit swasta, jaminan kesehatan menjadi wajib dimiliki.

Absah dan suaminya bekerja di sebuah perusahaan sawit di daerah kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo. Menurutnya memiliki jaminan kesehatan sangat penting mengingat Absah dan suami bekerja membutuhkan tenaga fisik yang lumayan berat.


Absah menceritakan, mendapat tanggungan terhadap jaminan kesehatan dari perusahaan, termasuk tanggungan anak mereka. Dengan pekerjaan yang berat dan berisiko dirinya tidak tahu kapan terjadi cedera, di samping kecelakaan kerja, dan hal-hal tak terduga lainnya yang bisa saja terjadi.

"Sebagai buruh panen sawit yang bekerja di perusahaan saya merasa lega karena kami semua memiliki jaminan kesehatan yang sewaktu-waktu bisa saja dibutuhkan," kata Absah pada Kamis (19/8).

Absah melanjutkan bahwa hadirnya Program JKN-KIS ini sangat bermanfaat. Terlebih saat Ia dan keluarga akan berobat.

"Saya dan keluarga sangat merasakan manfaat dari progam ini, karena buruh seperti kami perlu adanya jaminan kesehatan. Nah untungnya tempat kami bekerja sudah mendaftarkan saya dan keluarga sebagai peserta JKN-KIS. Terlebih suami saya sebagai pemanen kadang-kadang terkena duri sawit yang bisa saja melukai dengan parah," tambah Absah.

Selanjutnya Absah mengatakan bahwa ia dan keluarga juga bersyukur telah terdaftar dan memiliki jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS ini. Dengan jaminan kesehatan yang ditanggung oleh perusahaan dan memiliki JKN-KIS setidaknya dia dan keluarga memiliki jaminan kalau nanti ada terjadi tiba-tiba mendadak sakit, kartu aktif dan bisa langsung digunakan.

"Hanya saja diharapkan kita semua tentu selalu sehat dan tidak memakai pelayanan dan dapat membantu orang lain yang membutuhkan," tutup Absah.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK