Perajin Tenun Mamuju Lebih Tenang dengan Kartu JKN-KIS

BPJS Kesehatan, CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 12:25 WIB
Perajin dari Mamuju, Sulawesi Barat merasakan manfaat kesehatan dengan memiliki kartu JKN-KIS. Perajin dari Mamuju, Sulawesi Barat merasakan manfaat kesehatan dengan memiliki kartu JKN-KIS. (Foto: BPJS Kesehatan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaminan kesehatan sangat penting bagi setiap warga negara, oleh karena itu negara melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh bagi penduduk Indonesia agar hidup sehat, produktif dan sejahtera.

Hal ini pun telah dirasakan oleh Maya (43) seorang perajin tenun di Kabupaten Mamuju, Sulbar yang merasa aman berkat adanya Program JKN-KIS.

Maya menuturkan, dengan adanya Program JKN-KIS, banyak masyarakat yang terbantu karena bisa langsung berobat tanpa harus membayar biaya pengobatan yang semakin lama semakin mahal. Ia juga mengaku bersyukur karena telah mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Mamuju.


"Pernah dulu sebelum mendapatkan Kartu JKN-KIS ini saya berobat dan cukup mahal, akhirnya pemerintah memberikan kartu ini setelah beberapa saat saya mendaftarkan diri sebagai peserta bantuan pemerintah daerah," jelasnya, Kamis (19/08).

Penyokong Rumah Tangga

Maya menceritakan dirinya memang membutuhkan bantuan dari pemerintah ini dikarenakan usahanya juga masih skala mikro. Sehingga, kata dia,  dia jelas membutuhkan bantuan JKN-KIS itu sebagai penyokong ekonomi rumah tangganya.

"Sebagai perajin tenun yang masih kecil-kecilan saya merasa harus mengurus pendaftaran bantuan dari pemerintah dikarenakan jangan sampai nanti saya sakit kemudian biaya berobat mahal bisa jadi usaha saya gulung tikar," tutur Maya.

Ia mengakui setelah terdaftar sebagai peserta penerima bantuan pemerintah, ia juga medorong teman-temannya yang untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS, karena masih banyak teman-teman yang senasib dengan di

(asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK