Indonesia Jual Beras Rp15 ribu per Kg ke Arab Saudi

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 12:31 WIB
Mendag M Lutfi mengatakan Indonesia ekspor beras ke sejumlah negara, salah satunya Arab Saudi dengan harga Rp15 ribu per kilogram (kg). Mendag M Lutfi mengatakan Indonesia ekspor beras ke sejumlah negara, salah satunya Arab Saudi dengan harga Rp15 ribu per kilogram (kg). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan M Lutfi mengatakan Indonesia ekspor beras ke sejumlah negara, salah satunya Arab Saudi. Produsen menjual beras sebesar Rp15 ribu per kilogram (kg) ke negara tersebut.

"Dijual di Arab Saudi paket 5 kg, harganya lebih dari Rp15 ribu per 1 kg," ungkap Lutfi dalam Opening Ceremony 36th Trade Expo Indonesia 2021, Senin (27/9).

Meski harga beras tinggi, kata Lutfi, tetapi tetap laku di luar negeri. Hal ini khususnya dijual ke komunitas orang Indonesia di luar negeri.


"Meski harga beras Indonesia tinggi, tapi dijual ke komunitas Indonesia di Arab Saudi," kata Lutfi.

Selain Arab, Indonesia juga ekspor beras ke Malaysia dan Hong Kong. Target pasarnya masih sama, yaitu komunitas orang Indonesia di dua negara tersebut.

"Jual ke Malaysia, Hong Kong, di mana komunitas orang-orang Indonesia banyak di sana," imbuh Lutfi.

Menurut dia, hal ini bisa menjadi terobosan pasar baru untuk ekspor produk beras. Kendati begitu, Lutfi tak menjelaskan lebih lanjut negara mana lagi yang akan menjadi target ekspor beras ke depannya.

[Gambas:Video CNN]

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat total ekspor mencapai US$21,42 miliar pada Agustus 2021. Sementara, nilai impornya sebesar US$16,68 miliar.

Dengan demikian, neraca dagang Indonesia surplus sebesar US$4,74 miliar pada bulan lalu. Angkanya memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Sebelumnya, rekor surplus neraca dagang tertinggi sebesar US$4,64 miliar. Hal ini terjadi pada Desember 206 lalu.

(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK