7 Presiden dengan Gaji Terkecil di Dunia

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 19:46 WIB
Sejumlah negara hanya memberikan gaji kecil kepada presidennya. Berikut daftarnya. Sejumlah negara hanya memberikan gaji kecil kepada presidennya. Ilustrasi. (Pixabay/RabidSquirrel).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai orang nomor satu di sebuah negara dan memiliki tanggung jawab yang besar, sudah sepantasnya seorang presiden memiliki gaji yang tinggi.

Namun, beberapa negara memberi gaji kecil kepada presidennya.

Mengutip berbagai sumber, berikut daftarnya:


1. Presiden Laos

Presiden Laos hanya menerima gaji sebesar 1,17 juta Kip atau setara Rp1,68 juta (kurs Rp1,44 per Kip) per bulan.

Dilansir World Bank, gaji presidennya cukup berbanding terbalik dengan produk domestik bruto (PDB) negara yang mencapai US$19,13 miliar. Laos sendiri masih dikategorikan sebagai negara dengan pendapatan rendah.

2. Presiden São Tomé and Príncipe

Dilansir situs resmi Kementerian Keuangan, presiden diberikan gaji sebesar 60,83 juta dobra atau setara Rp40,51 juta per tahun (kurs Rp0,67 per dobra). Sehingga kepala negara hanya memperoleh Rp3,37 juta rupiah dalam sebulan.

Negara kepulauan yang berlokasi di teluk Guinea ini dihuni oleh 211 ribu orang. Negara ini masuk ke dalam 10 besar PDB terkecil di dunia yakni sebesar US$472 juta.

3. Presiden Moldova

Tidak hanya Asia dan Afrika, Eropa juga memiliki negara dengan penghasilan presiden terkecil di dunia. Moldova yang terletak di Eropa Timur ini memberikan gaji sebesar 12.9 ribu leu atau setara Rp43,7 juta per tahun. Praktis, presidennya hanya menerima Rp3,6 juta per bulan.

Bank Dunia mencatat perkembangan PDB Moldova di angka US$11,9 miliar. Negara ini mengekspor tekstil dan mesin sebagai komoditas utamanya.

4. Presiden Eritrea

Mengutip Africa Stand, Jabatan yang diemban oleh Isaias Afwerki ini hanya mendapat gaji US$400 per bulan atau setara Rp5,71 juta (kurs Rp14.288 per dolar).

Eritrea merupakan negara yang langsung menghadap laut merah dan berbatasan dengan Ethiopia, Sudan, dan Djibouti. Negara di Afrika ini memiliki PDB negara sebesar US$3,38 miliar dolar.

Cek negara dengan gaji presiden terkecil di dunia pada halaman berikutnya.

Sri Lanka hingga Vietnam

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK