Pemerintah Pastikan Bali Siap Terima Turis Asing

CNN Indonesia
Selasa, 05 Oct 2021 18:58 WIB
Kemenhub tengah melakukan sejumlah persiapan guna menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali. Kemenhub tengah melakukan sejumlah persiapan guna menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali.(ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan sejumlah persiapan guna menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali.

Persiapan yang dilakukan meliputi penyediaan fasilitas tes PCR di terminal kedatangan, ruang tunggu, hingga ruang karantina.

Selain itu, wisman diwajibkan untuk mengikuti tes PCR setibanya di bandara kedatangan dan wajib dikarantina minimal 8 hari. Pada hari kedelapan, wisman akan di tes PCR kembali.


Jika menunjukkan hasil negatif wisman diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan.

Dalam menyiapkan diri untuk menerima wisman, Kemenhub mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya varian baru covid-19 dari wisman.

"Kami ingin memastikan kesiapan penanganan penumpang Bandara Ngurah Rai berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 dari luar negeri melalui simpul transportasi seperti di bandara," kata Adita, dikutip dari Antara, Selasa (5/10).

Untuk diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali akan kembali membuka penerbangan internasional mulai Kamis (14/10).

Luhut turut mengingatkan untuk selalu mematuhi ketentuan dan persyaratan karantina dengan baik.

[Gambas:Video CNN]



(fry/age)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER