Bupati Kepulauan Seribu Surati Luhut Minta Wisata Dibuka

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 11:12 WIB
Pemkab Kepulauan Seribu menyurati Kemenko Kemaritiman dan Investasi untuk minta agar tempat wisata di wilayah mereka dibuka lagi. Pemkab Kepulauan Seribu menyurati Kemenko Kemaritiman dan Investasi untuk minta agar tempat wisata di wilayah mereka dibuka lagi. Ilustrasi. ( ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan uji coba pembukaan wisata di wilayahnya masih menunggu rekomendasi dari pemerintah pusat. Ia menyebut pihaknya telah beberapa kali berkirim surat.

"Belum dibuka. Kami tinggal menunggu rekomendasi dari Kemenparekraf. Kan di situ ada tim, ada tim dari Menkomarves, mudah-mudahan. Kami juga sudah bersurat dua kali, juga yang terakhir bersurat ke Menkomarves," kata Junaedi di Balai Kota Jakarta, Rabu (13/11).

Ia mengatakan setidaknya ada sembilan pulau di wilayahnya yang sudah siap untuk dibuka. Dalam beberapa hari ini, ia menyebut pihaknya tengah dalam proses pemasangan QR Code PeduliLindungi.


"Capaian vaksin sudah 95 persen dosis satu. Dosis dua sudah 80 persen, kekebalan, herd immunity itu masyarakat di sana udah mayoritas udah divaksin," katanya.

Junaedi berharap pemerintah segera memberi keputusan soal pembukaan, sebab mayoritas masyarakat menggantungkan hidup dari pariwisata.

"Di sana memang tergantung pada wisata, sebagai potensi tenaga kerja dan ekonomi kreatif, harapannya ya ingin segera dibuka, gitu aja. Ingin segera dibuka, karena mereka potensinya hanya wisata di sana," katanya.

Diketahui, di masa penerapan PPKM level 3 di Jakarta, tempat wisata telah diizinkan untuk dibuka. Berdasarkan catatan, sejak akhir September lalu, tempat wisata yang telah dibuka di antaranya Ancol dan TMII.

[Gambas:Video CNN]



(yoa/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK