Cara Mudah Membersihkan Kartu ATM yang Kotor

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 19 Oct 2021 14:05 WIB
Berikut cara membersihkan kartu ATM yang kotor, agar kotoran yang menumpuk perlahan menghilang. Ilustrasi. Ada beberapa cara membersihkan kartu ATM yang mudah diikuti. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, barang apa pun perlu dibersihkan dengan baik. Tapi, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda untuk membersihkan kartu debit atau kredit?

Kartu ATM bisa saja kotor. Apa saja bisa mengotori kartu ATM, mulai dompet yang jarang dicuci hingga debu yang berseliweran di sekitar mesin ATM.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kartu ATM yang kotor?


Pada dasarnya, tak ada produk khusus untuk menjaga kebersihan kartu debit atau kredit. Chip dan strip magnetik pada kartu sendiri umumnya dirancang agar tahan air.

Sebagian besar kartu ATM terbuat dari PVC atau sejenis bahan plastik khusus. Bahan plastik umumnya lebih toleran terhadap bahan pembersih apa pun.

Namun, tak semua penerbit kartu menggunakan bahan yang sama. Bahan seperti titanium membutuhkan perawatan khusus.

ilustrasi debit atm dan kartu kreditIlustrasi. Cara membersihkan kartu ATM terbilang mudah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Mengutip Forbes, sebagian besar produk pembersih rumah tangga umumnya akan berhasil saat digunakan untuk membersihkan kartu ATM. Berikut bahan pembersih kartu ATM yang bisa Anda temukan di rumah.

- tisu basah antibakteri
- cairan pembersih berbahan dasar alkohol
- sabun cuci tangan
- sabun cuci piring

Cara Membersihkan Kartu ATM

Cara membersihkan kartu ATM yang kotor sendiri cukup mudah. Berikut beberapa caranya.

1. Dengan cairan pembersih berbasis alkohol

Anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih ke lap bersih atau kapas, lalu usap perlahan pada bagian depan dan belakang kartu. Jangan langsung semprotkan cairan pembersih ke kartu ATM.

Anda disarankan untuk menggosoknya perlahan. Menggosok terlalu keras dapat menghapus tinta pada kartu.

Selain itu, Anda juga tak perlu terlalu lama menggosoknya, cukup 10-20 detik, tergantung pada kekuatan cairan pembersih. Biarkan kartu benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali di dalam dompet.

2. Dengan sabun cuci tangan dan piring

ilustrasi debit atm dan kartu kreditIlustrasi. Ada dua cara membersihkan kartu ATM. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Membersihkan kartu kredit dengan sabun cuci piring atau sabun cuci tangan juga terbilang mudah.

Basahi sedikit kartu dengan air mengalir dan gunakan sedikit sabun untuk mencuci kartu. Bilas dengan sedikit air dan biarkan kering sepenuhnya.

Sama seperti tangan, cuci kartu selama 20 detik.

Yang Perlu Dihindari saat Mencuci Kartu ATM

Meski tampak sederhana, namun ada beberapa hal penting yang perlu dihindari saat membersihkan kartu kredit, seperti berikut.

1. Jangan menggosok terlalu keras, terutama di bagian strip magnetik dan chip. Menggosok terlalu keras dapat membuat kartu rusak.
2. Jangan gunakan spons yang abrasif. Spons jenis ini dapat merusak strip magnetik.
3. Jangan rendam kartu dalam cairan alkohol. Alih-alih merendamnya, oleskan alkohol gosok ke handuk atau lap bersih sebelum diusapkan pada kartu.
4. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah memegang kartu debit atau kredit.

Demikian cara membersihkan kartu ATM yang kotor, yang bisa Anda ikuti. Bersihkan kartu debit/kredit Anda secara rutin, sesuaikan dengan frekuensi penggunaan.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER