Pasokan BBM di SPBU Sumut Langka Karena Tanker Telat Datang

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 17:24 WIB
Pertamina Patra Niaga menuturkan pasokan BBM di SPBU Sumut langka karena masalah cuaca dan kapal pengangkut minyak terlambat datang. Pertamina Patra Niaga menuturkan pasokan BBM di SPBU Sumut langka karena masalah cuaca dan kapal pengangkut minyak terlambat datang. (CNN Indonesia/FNR).
Medan, CNN Indonesia --

Pasokan bahan bakar minyak (BBM) di sebagian SPBU di Sumatera Utara (Sumut) langka, bahkan sempat kosong. Kelangkaan terjadi karena masalah cuaca dan keterlambatan kedatangan tanker atau kapal pengangkut minyak.

Namun, Area Manager Communication Relations & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Taufikurachman menegaskan kendala pengisian BBM ke SPBU sudah teratasi.

"Jadi, kendalanya masalah kedatangan tanker. Tapi sekarang sudah aman. Karena tanker yang mengangkut BBM ini baru bersandar kemarin," ujarnya, Kamis (14/10).


Ia menyebutkan kapal tanker tersebut mengangkut 15.900 KL BBM. BBM tersebut diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan konsumsi di Sumut selama sepekan ke depan.

"Kita sudah menyalurkan BBM ke setiap SPBU. Selain itu, pengiriman BBM juga sempat terkendala masalah cuaca. Kemudian, dengan menurunnya level PPKM,aktivitas masyarakat mulai meningkat dan seiring dengan itu terjadi kenaikan konsumsi BBM," terang dia.

Karenanya, Taufikurachman mengimbau agar masyarakat membeli BBM sesuai kebutuhan dan tidak perlu membeli BBM secara berlebihan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Kami telah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti menambah jam operasional Fuel Terminal hingga optimalisasi mobil tangki," paparnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, meski Pertamina Patra Niaga mengklaim pasokan BBM telah lancar, namun sejumlah SPBU di Sumut masih mengalami kekosongan BBM. Pihak SPBU terpaksa menutup pom bensin untuk sementara waktu, sampai pasokan dari Pertamina masuk.

Misalnya, di sejumlah SPBU Jalan Amplas Medan, terjadi antrean panjang truk dan bus untuk mengisi BBM. Antrean tersebut melebar ke badan jalan hingga mengakibatkan kemacetan arus lalulintas.

Kemudian, di Jalan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, sejumlah SPBU kehabisan BBM seperti Solar, Pertamax dan Pertalite. Kondisi yang sama juga terpantau di Jalan Tanjung Morawa, Jalan Menteng Raya, Jalan Denai hingga Jalan Brigjend Katamso.

"Kami juga nggak tahu apa masalahnya. Mungkin pasokannya sore baru masuk," ucap Roni salah seorang petugas di SPBU Jalan Menteng Raya.

Petugas SPBU memasang papan informasi bahwa BBM jenis Pertamax, Pertalite lagi kosong.

Kondisi itu membuat para pengendara kecewa karena kesulitan mendapatkan BBM di SPBU. Sejumlah pengendara motor terpaksa mengisi bensin eceran di pinggir jalan.

"Kalau begini terus kita juga yang kesulitan. Nyari bensin seminggu terakhir ini agak susah. Jadi, kalau sudah habis kali, terpaksa ngisi bensin eceran yang di pinggir jalan," urai Sita salah seorang pengendara motor di Jalan Tanjung Morawa Medan.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK