Batas Beli Pelatihan I Prakerja Gelombang 20 Ditutup Hari Ini

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 18:58 WIB
Manajemen Pelaksana (PMO) mengingatkan peserta Kartu Prakerja gelombang 20 untuk membeli pelatihan pertama paling lambat pukul 23.50 WIB malam ini. Manajemen Pelaksana (PMO) mengingatkan peserta Kartu Prakerja gelombang 20 untuk membeli pelatihan pertama paling lambat pukul 23.50 WIB malam ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengingatkan peserta gelombang 20 untuk segera membeli pelatihan pertama sebelum tengah malam, Kamis (14/10). Jika tidak, status kepesertaan akan dicabut.

"Hari ini, Pukul 23.59 WIB batas akhir pembelian pelatihan pertama Gelombang 20 agar kepesertaan tidak dicabut," tulis PMO dalam akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Kamis (14/10).

PMO Prakerja merujuk kepada Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 yakni peserta kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan lolos seleksi.


PMO menegaskan jika kepesertaan telah dicabut maka peserta tersebut tidak bisa mendaftar ke gelombang berikutnya. Sebagai catatan, Kartu Prakerja gelombang 20 dibuka untuk 800 ribu calon penerima yang berhak mendapatkan insentif pencari kerja dari pemerintah pusat.

Sejumlah pelatihan direkomendasikan oleh PMO Prakerja. Di antaranya pelatihan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti pelatihan teknik pemasaran dan pelatihan perencanaan penjualan produk bagi pedagang online.

[Gambas:Instagram]

Kartu Prakerja telah berakhir pada gelombang 21. Namun, pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp11 triliun dan menargetkan bisa menjaring 2,8 juta peserta dengan skema bantuan sosial pada 2022.

Hingga saat ini, sebanyak 75 juta orang telah mendaftarkan diri dalam program Prakerja. Namun, hanya sebanyak 5,9 juta orang yang dipilih menjadi peserta sepanjang 2021.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK