Jokowi: Krisis Energi Eropa, Daerah Sawit-Batu Bara Senang

CNN Indonesia
Rabu, 20 Oct 2021 13:25 WIB
Jokowi mengatakan Indonesia mendapat manfaat dari krisis energi di Eropa dan China karena membuat naiknya permintaan komoditas energi. Foto illustrasi. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti sejumlah masalah yang tengah dihadapi dunia belakangan ini salah satunya krisis energi yang melanda Eropa hingga China. Namun ia melihat krisis ini dapat membawa manfaat bagi beberapa daerah di Tanah Air.

"Akhir-akhir ini mulai terjadi di beberapa negara Eropa dan China krisis energi yang semuanya tidak terduga. Tapi kita diuntungkan karena harga komoditas naik, saya kira daerah yang memiliki kelapa sawit atau batu bara senang semuanya," kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021, Rabu (20/10).

Jokowi menambahkan daerah yang memiliki nikel hingga tembaga juga ikut senang sebab ekonomi di daerah tersebut memiliki komoditas yang nilainya akan merangkak naik.


Ia pun mengatakan ekonomi harus mulai diaktifkan kembali pasca dihantam pandemi Covid-19. Menurutnya dunia global kini dipenuhi dengan keraguan dan ketidakpastian.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyambut baik penyelenggaraan expo yang diadakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Jokowi berharap kegiatan ini dapat menggerakkan ekonomi daerah ke depan.

Ia pun menegaskan pemerintah antardaerah harus saling bekerja sama dalam bidang perdagangan.

"Sekaligus ekspor kita ke negara lain termasuk perluasan pasar ekspor baru dan jangan lupa pasar dalam negeri yang sangat potensial karena penduduk kita 270 juta," ujarnya.

Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar yakni sebanyak 43,5 juta ton pada 2019. Indonesia juga masuk dalam jajaran negara penghasil batu bara terbesar saat ini.

(fyr/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER