Bangkitkan Ekonomi, Khofifah Dorong Santri Jatim Berwirausaha

Pemprov Jawa Timur | CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 09:45 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Parawansa berharap, para santri dapat menggugah semangat kewirausahaan masing-masing dan menjadi pionir penggerak pertumbuhan ekonomi. Gubernur Jatim Khofifah Parawansa berharap, para santri dapat menggugah semangat kewirausahaan masing-masing dan menjadi pionir penggerak pertumbuhan ekonomi. (Foto: Pemprov Jawa Timur)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak para santri Indonesia, khususnya di Jatim untuk selalu siaga menjaga bangsa dan negara.

Dulu, santri berjuang mempertahankan kemerdekaan. Namun sekarang, yang dihadapi adalah kemiskinan dan tantangan membangkitkan ekonomi. Hal itu disampaikan Khofifah saat memimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 tingkat provinsi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (22/10).

"Kemarin sudah saya sampaikan pada HUT Pemprov Jatim kemarin, yaitu terkait jihad melawan kemiskinan. Maka itu para santri agar terus meningkatkan kualitas manajemen skill-nya dan daya enterpreneur-nya, sehingga siap menghadapi perkembangan ekonomi saat ini, dan siap memberikan dedikasinya kepada masyarakat," ujar Khofifah.


HSN disebut sebagai titik awal kebangkitan jiwa wirausaha para santri (santripreneur), atau pengembangan pasar (pesantrenpreneur), serta memberi manfaat bagi masyarakat dengan menjadi sociopreneur. Hal itu sejalan dengan fenomena yang saat ini terjadi secara global, yaitu memperkuat daya saing ekonomi.

"Negara yang memiliki pondasi kuat pada sektor ekonomi dan yang berbasis sumber daya manusia, tidak semata berbasis sumber daya alam, maka hampir dapat dipastikan akan menguasai berbagai sektor lainnya," paparnya.

Khofifah berharap, para santri dapat menggugah semangat kewirausahaan masing-masing dan menjadi pionir penggerak pertumbuhan ekonomi. Tak hanya ditanamkan, jiwa enterpreneur itu juga harus dipraktikkan.

Di Jatim sendiri, ada program OPOP yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kewirausahaan santri. Khofifah pun mendorong para santri untuk memanfaatkan program tersebut.

"Jatim sendiri saat ini sudah siap ekosistem untuk meningkatkan santri dimana ada pondok kurasi Bank Indonesia, kedua Disperindag juga menyiapkan pondok kurasi juga, dan terakhir Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim menyiapkan program untuk santri di Jatim," kata Khofifah.

Pada peringatan HSN 2021 yang diikuti Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Plh. Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, dan Forkopimda Jatim, diantaranya Kapolda Jatim, Kajati, Pangdam V Brawijaya, dan DPRD Jatim, serta ormas NU dan Muhammadiyah, Khofifah juga memberikan penghargaan Jer Basuki Mowo Beyo kepada pecipta lagu Hisbul Waton Wahab Hasbullah yang diterima Nyai Mufodoh Hasbullah, serta Sholawat Badar KH Ali Mansyhur Shidiq yang diwakili keluarga KH. Syaiful Islam.

(rea/rea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER