BLT Subsidi Gaji Ditambah Buat 1,6 Juta Pekerja

CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 13:18 WIB
BLT Subsidi Gaji ditambah buat 1,6 juta pekerja karena masih terdapat sisa anggaran Rp1,79 triliun. BLT Subsidi Gaji ditambah buat 1,6 juta pekerja karena masih terdapat sisa anggaran Rp1,79 triliun. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah akan memperluas penerima bantuan subsidi upah/gaji (BSU) atau blt subsidi gaji kepada 1,6 juta penerima.

Ia menyebut perluasan ini merupakan usulan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan anggarannya akan berasal dari anggaran sisa BSU untuk pekerja di area PPKM level tiga dan empat.

Dengan nilai bantuan senilai Rp1 juta per orang, maka anggaran yang disiapkan ialah Rp1,6 triliun. Adapun, anggaran sisanya senilai Rp1,79 triliun.


"Dengan sisa anggaran ini akan ada perluasan 1,6 juta sasaran pekerja dan jumlah anggaran Rp1,6 triliun," terang Airlangga dalam Konferensi Pers tentang Evaluasi Program PC-PEN dan Optimalisasi Anggaran Program PEN 2021, Selasa (26/10).

Sedangkan untuk kriteria penerimanya, ia menyatakan belum ada perubahan seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2021.

"Tadi diputuskan BSU diperluas semula diberlakukan bagi mereka yang kena PPKM level 4 dan level 3, target penerima, yakni 83.350 dengan DIPA Rp8,7 triliun," imbuh dia.

Sebagai informasi, pemerintah menyiapkan anggaran BSU senilai Rp8,7 triliun. Dana itu akan diberikan kepada 8.783.350 pekerja yang terdampak pandemi covid-19 dan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.

Namun, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri dalam keterangan resmi, mengatakan anggaran itu masih tersisa.

"Sisa Anggaran BSU tersebut sebesar Rp1,791 triliun dan akan menyasar 1.791.477 pekerja," katanya.

Karena itulah, pihaknya mengusulkan agar sisa dana digunakan untuk memperluas jangkauan pekerja penerima BLT subsidi gaji.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER