Daftar 3 Kebakaran Tangki Kilang Minyak Pertamina Setahun Terakhir

CNN Indonesia
Minggu, 14 Nov 2021 15:59 WIB
Sejumlah kilang minyak Pertamina kebakaran pada setahun belakangan ini. Berikut daftarnya. Sedikitnya tiga kilang minyak milik Pertamina terbakar setahun belakangan ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebakaran melanda tangki kilang minyak PT Pertamina (Persero) Cilacap pada pada Sabtu (13/11) pukul 19.20 WIB. Kebakaran terjadi di tangki 36 T-102 yang berisi BBM jenis Pertalite.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan insiden tersebut tak mempengaruhi pasokan BBM maupun LPG secara nasional. Akibat kebakaran, sebanyak 80 warga harus diungsikan.

Namun, masih belum jelas apa penyebab kebakaran tersebut. Menurut Nicke, biang kerok dari kebakaran masih dalam evaluasi dan investigasi pihaknya.


Kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina itu bukan kali ini saja terjadi. Dalam setahun terakhir, tercatat sudah terjadi beberapa kebakaran melanda kilang Pertamina, berikut daftarnya.

1. Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Kebakaran pertama pada 2021 terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi pada Senin (29/3) dini hari dan sempat membuat geger karena besarnya skala kebakaran.

Api baru bisa dipadamkan padam dua hari berselang atau pada Rabu (31/3) dini hari.

Nicke mengatakan insiden terjadi di tangki T301 di area kilang Balongan yang melayani Balongan, Cikampek, dan Plumpang.

Dari 72 tanki di area kilang dengan total kapasitas 1,35 juta kiloliter (KL), 4 tanki di antaranya terdampak atas insiden dengan kapasitas 100 ribu KL atau sekitar 7 persen dari total kapasitas penyimpanan di kilang Balongan.

Terpisah, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan akibat kebakaran, sebanyak 923 warga dari dua dusun harus diungsikan dari pemukimannya. Hingga saat ini belum ada taksiran kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut.

Berbagai dugaan penyebab kebakaran diungkapkan kepada publik dari sambaran petir, kebocoran tangki, hingga adanya kelalaian yang menyebabkan pidana. Menurut investigasi Pertamina, kebakaran disebabkan oleh kebocoran dinding tangki dan korosi.

[Gambas:Video CNN]

2. Kilang Pertamina Cilacap

Tak lama berselang dari kebakaran Balongan, kebakaran lainnya terjadi di Komplek Kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, sekitar pukul 18.30 WIB, Jumat (11/6) lalu.

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi mengatakan saat kejadian cuaca terjadi hujan deras disertai petir di lokasi. Iskandar mengklaim api sudah bisa dikendalikan dan dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menyampaikan insiden terjadi di salah satu bundwall tangki penyimpanan di area kilang Cilacap.

Pihaknya meminta masyarakat tak perlu khawatir dengan kebutuhan pasokan BBM dan LPG. Dia memastikan kejadian tersebut tidak akan memengaruhi distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

"Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki 7 Fuel Terminal dan 3 LPG Terminal yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di provinsi Jawa Tengah dan DIY. Untuk itu, pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut," kata Brasto kala itu.

3. Tangki Kilang Cilacap

Lagi-lagi terjadi di kilang Cilacap, kebakaran teranyar ini berasal ke satu tangki Pertalite, yakni tangki 36 T-102. Kebakaran terjadi pada Sabtu (13/11) petang.

Informasi awal bersumber dari video warga yang menunjukkan ledakan kebakaran dengan kobaran api besar. Akibat insiden tersebut sebanyak 80 warga sempat diungsikan.

Nicke menyebut api sempat dipadamkan pada pukul 23.05 WIB pada hari sama. Namun, api kemudian kembali berkobar dan baru bisa dipadamkan secara total pada Minggu (14/11) pukul 07.15 WIB.

Hingga kini belum diketahui taksiran kerugian dan penyebab kebakaran tangki tersebut.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang Cilacap memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas, serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER