2 Juta Buruh Akan Demo Protes Kenaikan Upah Minimum 2022

CNN Indonesia
Senin, 15 Nov 2021 19:34 WIB
Buruh berencana memprotes kenaikan upah minimum 1,09 persen pada 2022. Rencananya, 2 juta buruh akan ikut ambil bagian dalam aksi tersebut. Buruh berencana memprotes kenaikan upah minimum sebesar 1,09 persen yang akan diberlakukan pada 2022. Rencananya, 2 juta buruh akan ikut ambil bagian dalam aksi tersebut. Ilustrasi demo buruh. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Buruh berencana memprotes kenaikan upah minimum sebesar 1,09 persen yang akan diberlakukan pada 2022. Rencananya, 2 juta buruh akan ikut ambil bagian dalam aksi tersebut.

"Memang rencananya seperti itu," kata Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek) Mirah Sumirat kepada CNNIndonesia.com, Senin (15/11).

Dalam keterangan yang dikeluarkan pada Selasa (9/11) lalu, Mirah memang mendesak pemerintah menaikkan upah minimum sebesar 7 persen- 10 persen pada 2022 mendatang.


Tuntutan diajukan berdasarkan pada hasil survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang dilakukan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di 24 provinsi, dengan menggunakan 60 komponen KHL.

Hasil survey KHL KSPI menunjukkan bahwa besaran kenaikan upah minimum 2022 yang paling layak adalah sebesar 7 persen sampai dengan 10 persen. 

Kementerian Ketenagakerjaan menyebut rata-rata upah minimum hanya akan naik 1,09 persen pada 2022 mendatang. Informasi disampaikan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Indah Anggoro Putri dalam Seminar Terbuka Kemnaker yang digelar Senin (15/11).

[Gambas:Video CNN]

"Rata-rata penyesuaian upah minimum adalah 1,09 persen," kata Indah.

Ia pun menegaskan penyesuaian tersebut tidak menjadi acuan upah minimum yang naik pada tahun depan. Indah pun menyerahkan kenaikan UMP ditetapkan oleh gubernur masing-masing daerah.

"Yang ada dalam slide ini rata-rata penyesuaian upah minimum provinsi. Bukan berarti semua provinsi naik 1,09 persen," tegasnya.

(fry/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER