Cara Mudah Cek Saldo KJP di HP

CNN Indonesia
Sabtu, 20 Nov 2021 13:20 WIB
Agar tak repot, Anda bisa melakukan cara cek saldo KJP di HP berikut ini. Ilustrasi. Cara cek saldo KJP di HP dapat dilakukan secara daring. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kartu Jakarta Pintar (KJP) merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan akses pendidikan bagi warga yang tidak mampu.

Setiap siswa yang terpilih akan mendapatkan dana dari pemerintah untuk biaya pendidikan dan keperluan lain yang mengiringinya. Dana tersebut akan tersimpan secara resmi di rekening Bank DKI.

Dana yang diberikan pada siswa bersumber dari APBD DKI Jakarta. Siswa dapat menggunakannya untuk mengakses pendidikan.


Program ini diprakarsai oleh Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Di bawah kepemimpinan Anies Baswedan, program itu berganti nama menjadi KJP Plus, yang menjangkau kelompok penerima yang lebih luas termasuk peserta kejar paket, madrasah, dan kursus.

Cara Cek Saldo KJP di HP

Sejumlah murid mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SD Negeri 05 Pondok Kelapa. Jakarta, Rabu, 7 April 2021.   Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di 85 sekolah dari jenjang SD hingga SMA mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan kapasitas dalam ruangan maksimum 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)Ilustrasi. Cara cek saldo KJP di HP bisa dilakukan secara daring. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Siswa yang terpilih akan mendapatkan kucuran dana setiap bulan untuk biaya pendidikan. Dana akan tersimpan di rekening Bank DKI.

Dengan demikian, cara cek saldo Kartu Jakarta Pintar bisa dilakukan dengan mengecek langsung ke ATM Bank DKI.

Namun, jika Anda sedang repot dan tak memiliki waktu luang untuk pergi ke ATM, Anda bisa melakukan cara cek saldo KJP di HP.

Dengan satu ponsel, Anda bisa dengan mudah melakukan cek saldo KJP secara online melalui aplikasi JakOne Mobile. Berikut caranya.

1. Unduh dan pasang aplikasi JakOne di ponsel.
2. Lakukan registrasi.
3. Setelah registrasi berhasil, log in dengan akun yang terdaftar.
4. Pilih menu rekening dan kartu
5. Masukkan nomor kartu dan PIN ATM KJP Plus
6. Pastikan data nomor ponsel telah sesuai, dan lanjutkan
7. Pilih menu informasi saldo
8. Layar akan menampilkan jumlah saldo KJP yang Anda miliki.

Namun, perlu dicatat, tak semua siswa bisa mendapatkan bantuan KJP. Mengutip laman KJP, peserta didik yang tidak mampu didefinisikan sebagai peserta didik sekolah dasar hingga menengah yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar pendidikan. Kebutuhan dasar pendidikan sendiri mencakup seragam, sepatu, tas sekolah, biaya transportasi, makanan, serta biaya ekstrakurikuler.

Harapan dari diadakannya program KJP sendiri adalah agar setiap peserta didik bisa mendapatkan akses pendidikan yang sama, dengan biaya yang dikucurkan pemerintah.

Demikian cara cek saldo KJP di HP yang bisa Anda ikuti.

(asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER