Proyek Tol Serang-Panimbang Seksi II dan III Akan Rampung 2024

CNN Indonesia
Minggu, 21 Nov 2021 13:55 WIB
Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi II Rangkasbitung-Cileles dan seksi III Cileles-Panimbang akan dimulai awal 2022, dan ditargetkan rampung 2024. Jalan Tol Serang Panimbang, Seksi I Serang- Rangkasbitung.(CNNIndonesia/ Wella Andany)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menyatakan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi II Rangkasbitung-Cileles dan seksi III Cileles-Panimbang akan dilakukan mulai awal 2022. Targetnya kedua ruas akan rampung dan dapat dioperasikan pada awal 2024.

Kendati begitu, Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan pembangunan kedua ruas dilakukan terpisah. Seksi II akan dibangun oleh perusahaan, sementara seksi III oleh pemerintah.

"Seksi II yang merupakan porsi konsorsium kita akan mulai bareng pengerjaannya," ujar Agung seperti dilansir dari Antara, Minggu (21/11).


Bila sudah tersambung, nantinya jarak tempuh menuju kawasan wisata Tanjung Lesung dari arah Jakarta yang semula membutuhkan waktu 5-6 jam jadi cuma 2 jam. Ia optimistis jalan tol ini akan meningkatkan perekonomian di wilayah Tanjung Lesung dan sekitarnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer (km) dan terdiri dari tiga seksi. Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km sudah selesai dibangun dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (16/11) lalu.

Sementara seksi II Rangkasbitung-Cileles terbentuk sepanjang 24,1 km dan seksi III Cileles-Panimbang 33 km. Pembangunan jalan tol merupakan bagian dari proyek infrastruktur di era Jokowi.

Jokowi berharap jalan tol dapat mempercepat distribusi barang dan memangkas waktu, sehingga barang bisa menjadi lebih murah saat sampai di masyarakat. Selain itu, menurutnya, infrastruktur akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

(uli/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER