Sinergi PNM Berdayakan Masyarakat Program Reforma Agraria di Sukabumi

PNM | CNN Indonesia
Selasa, 23 Nov 2021 20:54 WIB
PT PNM melakukan pemberdayaan masyarakat pada Program Reforma Agraria di Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi dengan menggandeng sejumlah kementerian. Dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan yang dilakukan melalui PNM Mekaar Sukabumi, PT PNM bersinergi dengan Kementerian ATR/BPN, Kementerian Koperasi & UKM, dan PT Great Giant Pineapple melakukan pemberdayaan masyarakat pada Program Reforma Agraria. (Arsip PNM).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM) melakukan pemberdayaan masyarakat pada Program Reforma Agraria di Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT PNM, Sunar Basuki mengatakan, pelaksanaan program tersebut dilakukan dengan menggandeng Kementerian ATR/BPN, Kementerian Koperasi & UKM, dan PT Great Giant Pineapple.

"Program ini merupakan salah satu upaya PNM dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan yang dilakukan melalui PNM Mekaar Sukabumi, untuk pemberdayaan dan pembiayaan perempuan pra-sejahtera berbasis kelompok yang diluncurkan pada awal 2016," ujarnya, Selasa (23/11).


Sunar menjelaskan pada pelaksanaan program tersebut, para petani diberikan kredit usaha rakyat (KUR) melalui pembiayaan kepada istri petani maupun kaum ibu-ibu di sekitar Warungkiara, Sukabumi.

"Hingga saat ini PNM telah menyalurkan pembiayaan berbasis kelompok sebanyak 81.000 ibu-ibu Sukabumi dan 10,8 juta nasabah seluruh Indonesia," ujarnya.

Dia menuturkan, selama tenggang waktu panen, ibu-ibu istri petani diberikan pembiayaan dan diajarkan untuk disiplin. Selain itu, diberikan pelatihan agar ibu-ibu bisa bekerja keras bersatu memajukan usaha ibu-ibu nasabah di PNM Mekaar.

Sementara itu, Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki, memberikan apresiasi kepada pihak yang bekerjasama dalam pemberdayaan masyarakat pada program reforma agraria tersebut.

"Dengan memberikan usaha yang produktif, program ini bisa dikonsolidasikan dengan koperasi," ujar Teten.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil menuturkan program reforma agraria yang telah dilaksanakan di Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi akan lebih berkembang jika dilakukan dengan baik.

Dia mengatakan bisnis model yang telah dilakukan PNM melalui teknologi dan pemberdayaan bisa menjadikan petani lebih disiplin.

"Kalau koperasi bekerja dengan betul, bekerja dengan guidance yang diberikan, Insyallah akan jadi merata program ini. Karena sebelumnya model bisnis yang dijalankan keliru sehingga petani sulit diangkat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penanaman perdana bibit pisang cavendish merupakan salah satu bentuk sinergi antara PT Permodalan Nasional Madani dengan Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Koperasi & UMK.

Seperti diketahui, kunjungan PNM ke Sukabumi dalam rangka pelaksanaan tanggungjawab sosial yang dilakukan perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

Selain penanaman perdana bibit pisang Cavendish, PNM juga lakukan penyerahan program TJSL bantuan peralatan produksi bolu pisang kepada nasabah PNM Mekaar Warung Kiara.

Bantuan tersebut berupa oven, mixer dan loyang untuk 20 nasabah PNM Mekaar. Dilakukan juga pelatihan kapasitas usaha produksi bolu pisang kepada nasabah PNM Mekaar Warung Kiara.

(osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER