Jokowi Ingatkan Anak Buah Jangan 'Cuek' ke Investor Kecil

aud | CNN Indonesia
Rabu, 24 Nov 2021 15:47 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan anak buah dan pemda untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada investor kecil dalam proses pengajuan izin usaha. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan anak buah dan pemda untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada investor kecil dalam proses pengajuan izin usaha. (arsip foto Biro Setpres Agus Suparto).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan anak buah dan pemerintah daerah (pemda) tidak 'cuek' ke investor kecil. Mereka berhak mendapatkan pelayanan terbaik dan gratis ketika mengajukan izin usaha.

Jokowi menuturkan tak boleh ada konsep bahwa investasi hanya berasal dari asing dan harus dalam jumlah besar. Maka itu, pengusaha kecil juga harus diberikan pelayanan terbaik.

"Investor kecil yang namanya usaha kecil itu juga investor, jangan keliru, yang sedang juga layani dengan baik, investor besar juga layani dengan baik," ujar Jokowi pada Rakornas Kementerian Investasi, Rabu (24/11).


Kepala Negara mengatakan izin usaha akan memberikan manfaat besar untuk pengusaha, khususnya investor kecil. Sebab, mereka akan lebih mudah mengakses pinjaman ke lembaga keuangan, seperti perbankan.

"Yang kecil-kecil itu urus, kalau mereka pegang izin akan mudah mengakses ke lembaga keuangan, ke perbankan, karena ini jadi syarat," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan semakin banyak investasi di suatu daerah, maka akan semakin besar jumlah peredaran uang di kawasan itu. Dengan demikian, ada potensi peningkatan daya beli, konsumsi, dan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Ia pun mengingatkan anak buah dan pemda untuk menargetkan penerbitan izin usaha sebanyak mungkin. Untuk tahun depan, Jokowi membidik nilai investasi Rp1.200 triliun secara nasional.

Sebagai informasi, Kementerian Investasi mencatat realisasi investasi pada kuartal III 2021 sebesar Rp216 triliun. Realisasi investasi itu tercatat turun 2,8 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, tetapi masih meningkat jika dibandingkan dengan kuartal III 2020 lalu.

Secara keseluruhan, realisasi investasi kuartal III tahun ini mencapai Rp659,4 triliun. Perolehan itu setara 73,3 persen dari target yang ditetapkan oleh Pemerintahan Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(wel/aud)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER