Investor Taiwan Ingin Investasi Smelter di Bantaeng Sulsel

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 13:45 WIB
Investor asal Taiwan Wei-Min Donald Chen berminat membangun pabrik smelter di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Investor asal Taiwan Wei-Min Donald Chen berminat membangun pabrik smelter di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Makassar, CNN Indonesia --

Investor asal Taiwan Wei-Min Donald Chen berencana investasi dengan membangun pabrik fasilitas pengolahan dan pemurnian hasil tambang (smelter) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keinginan itu disampaikan oleh pria yang juga menjabat sebagai Direktur PT Asiamax Mining Indonesia yang selama ini beroperasi di Morowali, Sulawesi Tengah, saat bertemu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

"Kami ingin di Bantaeng untuk pembangunan smelter. Ada beberapa hektar lahan yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan smelter tersebut," kata Chen, Jumat (3/12).


Chen mengungkapkan pembangunan smelter akan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat setempat sesuai klasifikasi pekerja yang dibutuhkan.

Sementara, Andi Sudirman menilai hal ini menjadi peluang bagi masyarakat sekitar lokasi investasi untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut.

"Harapan kita tentu perusahaan ini nantinya bisa mengutamakan masyarakat lokal untuk bekerja pada perusahaan itu," katanya.

Andi Sudirman juga menyampaikan agar setiap investor yang ingin berinvestasi di daerah-daerah yang berada di bawah kewenangan Provinsi Sulsel dapat mengoptimalkan potensi lokal yang ada.

Andi Sudirman juga menegaskan pentingnya membangun komunikasi antara investor dengan masyarakat lokal yang berada di lokasi investasi, sehingga masyarakat setempat juga bisa merasakan manfaat dengan adanya perusahaan tersebut.

"Juga memastikan tidak ada isu lingkungan dan sosial dengan melakukan perencanaan menurut regulasi yang ada, tidak menimbulkan kerusakan lingkungan, serta dapat memberi pemanfaatan tenaga dan sumber daya lokal yang tinggi (local content)," jelasnya.

Ia juga berharap agar ada program tanggung jawab sosial yang kuat dari perusahaan tersebut, sehingga dapat memenuhi ekspektasi investasi oleh masyarakat banyak.

[Gambas:Video CNN]



(mir/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER