PLN Targetkan Perbaikan 69 Gardu Listrik Terdampak Semeru Kelar Besok

CNN Indonesia
Minggu, 05 Dec 2021 17:05 WIB
PLN menargetkan 69 dari total 79 gardu listrik di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru bisa kembali menyala besok. Sedangkan 10 sisanya usai erupsi reda. PLN menargetkan 69 dari total 79 gardu listrik di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru bisa kembali menyala besok. Sedangkan 10 sisanya usai erupsi reda. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Tado).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) menargetkan 69 dari total 79 gardu listrik di daerah terdampak erupsi Gunung Semeru bisa kembali menyala besok.  Sementara 10 sisanya akan dilakukan apabila erupsi Gunung Semeru sudah reda.

"Dari 79 travo yang melingkupi 22.826 pelanggan ini, 69 travo bisa kami normalkan (besokI," kata Senior Manajer Distribusi PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adriansyah seperti dikutip dari Antara, Minggu8 (5/12).


Ia menambahkan tim PLN sebenarnya sudah berada di daerah terdampak dan ingin memulihkan kondisi 10 gardu listrik pada Minggu pagi. Namun, erupsi kembali terjadi sehingga PLN melarang petugasnya untuk melanjutkan kegiatan pemulihan.

"Kondisi di sana cuaca pekat hujan abu vulkanik, sehingga kami belum bisa melakukan pemulihan jaringan listrik," ujar Adriansyah.

Ia menambahkan hingga Minggu pukul 10.00 WIB, PLN telah menyalakan 33 gardu listrik dari total 112 gardu listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Adriansyah mengatakan pihaknya akan berusaha maksimal untuk menormalkan kondisi jaringan listrik eksisting di daerah terdampak erupsi. Menurutnya, pekerja belum bisa masuk ke daerah terdampak karena akses utama Jembatan Gladak Perak putus.

Itu menyulitkan kendaraan PLN. Untuk mengatasi itu, PLN berencana menarik jaringan transmisi listrik dan bangun baru 300 meter guna menyambung ke feeder Ampel Gading dari Supit.

"Hari ini kami sudah siap bergerak untuk melakukan pembangunan penanaman tiang sepanjang 300 meter," ujar Adriansyah.

[Gambas:Video CNN]

(antara/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER