Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi RI Meningkat

CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 12:17 WIB
BI menyatakan keyakinan konsumen atas ekonomi RI meningkat pada November 2021, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen yang naik jadi 118,5. BI menyatakan keyakinan konsumen atas ekonomi RI meningkat pada November 2021, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen yang naik jadi 118,5. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bank Indonesia (BI) menyatakan keyakinan konsumen dalam negeri atas kondisi ekonomi Indonesia meningkat pada November 2021 kemarin.

Itu mereka dasarkan pada Survei Konsumen Bank Indonesia pada November 2021 kemarin. Dari hasil survei didapati fakta bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 118,5 pada November kemarin.

Itu lebih tinggi dibandingkan Oktober yang hanya 113,4. BI menyatakan dari hasil survei itu mereka juga mendapatkan gambaran bahwa IKK meningkat pada seluruh kategori pengeluaran dan kelompok usia responden.


Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei. Peningkatan tertinggi terjadi di Pontianak, diikuti oleh Palembang dan Mataram.

BI dalam pernyataan yang mereka sampaikan pada Rabu (8/12) ini menyatakan penguatan keyakinan konsumen pada November 2021 didorong oleh perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Terutama, persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan saat ini. Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat didorong meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER