7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia dan Gajinya

CNN Indonesia
Kamis, 23 Dec 2021 11:55 WIB
Ada beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya yang perlu diketahui. Peluang cukup menjanjikan karena lulusannya dibutuhkan di banyak industri. Ilustrasi. Ada beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya yang perlu diketahui. (iStockphoto/Nastasic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Teknik kimia merupakan cabang dari disiplin ilmu teknik yang menggabungkan antara teori serta eksperimental terkait kimia, fisika, biologi dan biokimia.

Ada beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya yang perlu diketahui. Peluang cukup menjanjikan karena dibutuhkan di banyak industri.

Di Indonesia, jurusan teknik kimia tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).


Apa itu Teknik Kimia?

Sebelum membahas lebih lanjut ke prospek kerjanya, terlebih dulu Anda perlu tahu mengenai teknik kimia itu sendiri. Ruang lingkup teknik kimia diketahui masih bersinggungan dengan ilmu matematika.

Jurusan ini ikut mempelajari sekaligus mengembangkan penelitian terkait molekul, sintesis dan reaksi kimia, yang dirancang untuk keperluan bahan industri.

Mengutip laman Top Universities, lulusan teknik kimia harus menguasai kemampuan teori, metode dan praktik, paham ilmu matematika, kimia, fisika, serta berpikir analitis sekaligus kritis.

Prospek Kerja Teknik Kimia

Ilustrasi peneliti remaja (felixioncool/pixabay)Ilustrasi. Ada beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya yang perlu diketahui. (felixioncool/pixabay)

Sejauh ini, ada banyak sektor yang membutuhkan lulusan teknik kimia, khususnya di bidang energi, farmasi, lingkungan, bahan baku makanan, perusahaan multinasional sampai BUMN.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa prospek kerja teknik kimia dan gajinya untuk Anda ketahui.

1. Ahli kimia

Seorang ahli kimia (chemist) mempunyai tugas dalam melakukan analisis atau eksperimen kimia secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan pengembangan suatu bahan baku.

Biasanya, posisi tersebut dibutuhkan di industri farmasi dan laboratorium milik pemerintah dan swasta.

Merujuk Glassdoor, besaran gaji ahli kimia berpotensi mencapai sekitar Rp84 juta per tahun untuk level awal. Sedangkan di level atas jumlahnya dipastikan lebih tinggi.

2. Ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan

Dikutip dari Prospect, lulusan teknik kimia bisa berkarier menjadi ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan.

Tugas utamanya bertanggung jawab dalam merancang teknologi yang nantinya diimplementasikan untuk mencegah serta memulihkan kerusakan lingkungan.

Berdasarkan data yang dimiliki Indeed, ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan di luar negeri memperoleh gaji hingga Rp1,1 miliar per tahun.

Simak prospek kerja teknik kimia dan gajinya selengkapnya di halaman berikutnya..

Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia dan Gajinya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER