7 Prospek Kerja Teknik Elektro dan Gajinya

CNN Indonesia
Minggu, 26 Dec 2021 14:04 WIB
Lulusan jurusan teknik elektro sangat fleksibel lantaran dapat masuk ke hampir semua lini industri. Berikut prospek kerja teknik elektro dan gajinya. Lulusan jurusan teknik elektro sangat fleksibel lantaran dapat masuk ke hampir semua lini industri. Berikut prospek kerja teknik elektro dan gajinya. (Foto: istockphoto/Iurii Garmash)
Jakarta, CNN Indonesia --

Teknik elektro adalah disiplin ilmu terapan yang menjanjikan peluang karier yang baik. Lulusan jurusan teknik elektro sangat fleksibel lantaran dapat masuk ke hampir semua lini industri.

Mulai dari pembangkit listrik, manufaktur, pertambangan, perminyakan, transportasi dan otomotif, telekomunikasi, konstruksi, kesehatan, komputasi, hingga robotika.

Sarjana teknik elektro memegang peranan penting dalam membuat dan mengembangkan perangkat yang melibatkan komponen listrik dan elektronika.


Menyinggung soal prospek kerja teknik elektro dan gajinya, jurusan ini akan terus dibutuhkan dalam kaitannya dengan teknologi praktis dan infrastruktur.

Dengan demikian, para sarjana punya peluang besar mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang baik setelah lulus nanti. Berikut prospek kerja teknik elektro dan gajinya.

1. Electrical design engineer

Electrical design engineer atau insinyur desain listrik dapat bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi, dan sebagainya. Profesi ini mirip dengan insinyur lainnya, namun lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan.

Selain itu, electrical design engineer juga memberikan layanan pemeliharaan atau pemasangan untuk sistem kelistrikan yang ada.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang electrical design engineer Rp98 juta per tahun bergantung bidang dan perusahaan tempatnya bekerja.


2. Robotic engineer

ilustrasi engineerSalah satu prospek kerja teknik elektro adalah robotic engineer yang mampu menghasilkan gaji yang cukup tinggi. (Ilustrasi Foto: istockphoto/gorodenkoff)

Industri otomotif dan robotik yang kian masif seiring dengan perkembangan teknologi, sangat membutuhkan peran robotic engineer untuk memproduksi robot.

Robot engineer tak melulu menciptakan robot berbentuk seperti manusia. Lebih dari itu, robot ini dikembangkan menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk memudahkan pekerjaan manusia di bidang yang lebih luas.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang robotic engineer Rp98 juta per tahun atau lebih.


3. Hardware engineer

Hardware engineer bertanggung jawab dalam membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya.

Tugasnya mulai dari merancang dan mengompilasi komponen seperti prosesor komputer, hard drive, papan sirkuit, hingga chip agar efisien ketika digunakan.

Bekerja sebagai hardware engineer berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan teknologi terbaru. Rata-rata gaji yang didapatkan seorang hardware engineer Rp98 juta per tahun atau lebih.


4. Project engineer

Business People meeting Planning Strategy Analysis  Concept  laptop meeting with technologyProspek kerja sarjana lulusan teknik elektro adalah sebagai project engineer (Ilustrasi Foto: Istockphoto/SARINYAPINNGAM)

Masih mengenai prospek kerja teknik elektro dan gajinya, peluang selanjutnya adalah project engineer (PE). Project engineer merupakan profesi yang menggabungkan bidang engineering dan manajemen proyek.

Seorang project engineer bertanggung jawab untuk mengelola semua aspek bisnis dalam proyek, mencakup perencanaan, strategi, budgeting, hingga sumber daya teknik dan segala kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan teknis dalam sebuah proyek.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang project engineer Rp98 juta per tahun atau lebih untuk level yang lebih tinggi, merujuk Glassdoor.


5. Control engineer

Control engineer banyak mengerjakan proyek yang berkaitan dengan sistem kontrol atau pengendalian untuk menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan.

Ilmu control engineering tidak hanya dikembangkan oleh insinyur teknik elektro, namun juga di bidang teknik lain seperti teknik mesin, teknik komputer (TI), teknik mekatronika, dan teknik industri.

6. Biomedical engineer

Female engineers repairing electronic machine in research labProspek kerja teknik elektro bisa merambah ke dunia medis sebagai biomedical engineer (Ilustrasi Foto: istockphoto/zoranm)

Para lulusan jurusan teknik elektro juga bisa merambah ke dunia medis dengan bekerja sebagai biomedical engineer. Meski profesi ini tergolong baru di Indonesia, bukan berarti tidak menjanjikan masa depan cerah.

Dibutuhkannya penggunaan teknologi canggih di dunia kesehatan, semakin membuka peluang lulusan engineering untuk mengembangkan diri. Jika kamu tertarik mengembangkan teknologi di bidang medis, profesi ini akan cocok.

Rata-rata gaji yang didapatkan seorang biomedical engineer untuk entry-level Rp266 juta per tahun atau lebih, merujuk SalaryExpert.


7. Dosen atau pengajar

Jika kamu punya minat bekerja di dunia pendidikan, kesempatan untuk menjadi pengajar atau dosen teknik elektro juga terbuka luas. Hingga saat ini, dosen masih dianggap sebagai profesi yang punya prestise tinggi.

Untuk menjadi dosen baik itu kampus negeri maupun swasta, kualifikasi yang dibutuhkan minimal bergelar magister atau S-2.

Rata-rata gaji dan tunjangan yang didapatkan seorang dosen teknik elektro bervariasi bergantung tempat dan masa baktinya.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER