Kopi Kenangan Jadi Unicorn usai Disuntik Rp1,3 T

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Senin, 27 Des 2021 11:39 WIB
Kopi Kenangan menjadi ritel makanan dan minuman (F&B) pertama di Indonesia yang berstatus unicorn usai meraih pendanaan seri C senilai US$96 juta. Kopi Kenangan menjadi ritel makanan dan minuman (F&B) pertama di Indonesia yang berstatus unicorn usai meraih pendanaan seri C senilai US$96 juta. Ilustrasi. (Screenshot via instagram (@kopikenangan.id)).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kopi Kenangan, jaringan makanan dan minuman (F&B) masuk dalam jajaran usaha berstatus unicorn atau yang memiliki valuasi US$1 miliar atau lebih.

Status unicorn disambar Kopi Kenangan usai mendapat pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai US$96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

"Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus US$1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam keterangan resmi, dikutip Senin (27/12).

Edward memaparkan pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Ia menyebut pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai merek dengan permintaan domestik yang tinggi.

Edward menyatakan Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Menurut dia, hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat.

"Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia," ujar dia.

Dengan pendanaan baru ini, perusahaan berencana untuk mempercepat ekspansi gerai ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.

"Visi kami adalah menjadi merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara, selain itu, terkait rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," terang dia.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER