5 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi dan Gajinya

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 12:15 WIB
Beberapa prospek kerja sistem informasi dan gajinya ini dapat dijadikan pertimbangan saat memilih program studi. Ilustrasi. Beberapa prospek kerja sistem informasi dan gajinya ini dapat dijadikan pertimbangan saat memilih program studi. (StartupStockPhotos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sistem informasi menjadi salah satu program studi yang belakangan dipilih banyak calon mahasiswa. Wajar saja, di tengah perkembangan teknologi zaman kiwari, lulusan sistem informasi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Ada beberapa prospek kerja sistem informasi dan gajinya yang perlu Anda ketahui. Prospek kerja ini bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih program studi.

Sistem informasi sendiri merupakan bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dan manajemen.


Artinya, tak cuma mempelajari teknik-teknik pemrograman, mahasiswa di prodi ini pun dituntut untuk memahami bagaimana proses bisnis berjalan.

Di zaman kiwari, peluang karier lulusan sistem informasi terbilang menjanjikan.

Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Suasana perkantoran perbankan di Kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Senin (5/7/2021). Dalam massa PPKM Darurat, perkantoran yang termasuk sektor esensial seperti  jasa keuangan, perbankan, pasar modal, sistem pembayaran teknologi informasi diberlakukan 50% maksimal WFO dengan protokol kesehatan yang ketat. (CNN Indonesia/ Adi Maulana)Ilustrasi prospek kerja sistem informasi dan gajinya. (CNN Indonesia/ Adi Maulana)

Ada banyak peluang kerja untuk para lulusan sistem informasi. Mengutip laman Quipper Campus, rata-rata gaji bagi lulusan muda sistem informasi berada pada kisaran Rp5 juta per bulan dengan jabatan staf.

Berikut prospek kerjanya.

1. Application engineer

Profesi ini bertugas untuk merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi perangkat lunak.

Tak hanya itu, seorang application engineer juga bertugas untuk mengevaluasi aplikasi dan menindaklanjuti umpan balik dari pelanggan.

Rata-rata gaji: Rp5,1 juta per bulan

2. Konsultan IT

Di zaman kiwari, kehidupan manusia tak pernah lepas dari teknologi informasi. Teknologi informasi juga digunakan oleh perusahaan untuk membuat kebijakan dan menyusun strategi.

Sayangnya, tak semua orang memahami teknologi informasi. Dibutuhkan orang-orang berkeahlian tertentu untuk memberikan pemahaman, melakukan analisis, dan lain-lain. Di sinilah konsultan IT dibutuhkan.

Kini banyak perusahaan yang menyediakan jasa konsultan IT tersendiri. Mereka biasanya bekerja untuk menjembatani antara tim teknis dan staf.

Rata-rata gaji: Rp6,9 juta per bulan

3. Programmer

Ilustrasi hackerIlustrasi prospek kerja sistem informasi dan gajinya. (iStock/Chainarong Prasertthai)

Masih tentang prospek kerja sistem informasi dan gajinya, kini giliran programmer yang menjadi peluang karier.

Seturut namanya, programmer bertugas untuk menciptakan program-program digital yang dibutuhkan perusahaan. Programmer juga harus memastikan bahwa program yang dibuat beroperasi dengan benar.

Saat ada masalah, programmer juga harus melakukan analisis atas masalah-masalah yang muncul.

Rata-rata gaji: Rp6,3 juta per bulan

4. Dosen

Tak hanya bekerja di perusahaan atau lembaga dan instansi tertentu, lulusan sistem informasi juga bisa meneruskan karier untuk menjadi seorang dosen.

Dengan menjadi dosen, Anda bisa 'mewariskan' ilmu yang pernah dipelajari pada anak didik.

Rata-rata gaji: Rp3-7 juta per bulan

5. Database administrator

Seorang database administrator bertugas untuk mengelola dan merapikan data-data perusahaan dalam jumlah yang sangat besar, atau dikenal dengan istilah 'big data'. Anda juga perlu menyiapkan sistem yang bisa membantu dalam mengolah data-data tersebut.

Rata-rata gaji: Rp5,6 juta per bulan

Demikian prospek kerja sistem informasi dan gajinya yang perlu diketahui. Jadikan beberapa peluang karier di atas sebagai pertimbangan saat memilih program studi.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER