5 Prospek Kerja Lulusan Sosiologi dan Gajinya

CNN Indonesia
Sabtu, 08 Jan 2022 14:10 WIB
Beberapa prospek kerja sosiologi dan gajinya berikut ini bisa dijadikan pertimbangan saat memilih program studi. Ilustrasi. Beberapa prospek kerja sosiologi dan gajinya berikut ini bisa dijadikan pertimbangan saat memilih program studi. (Istockphoto/MangoStar_Studio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jurusan ilmu sosiologi bisa jadi salah satu pilihan menarik bagi Anda yang ingin meneruskan studi pendidikan tinggi. Beberapa prospek kerja sosiologi dan gajinya berikut ini bisa dijadikan pertimbangan.

Sosiologi adalah ilmu yang membahas perilaku masyarakat dari berbagai aspek. Ilmu ini mempelajari perilaku sosial antarindividu maupun antarkelompok. Masyarakat menjadi subjek utama dari studi ini.

Apa yang dipelajari oleh ilmu sosiologi sangatlah luas. Mulai dari karakter masyarakat hingga fenomena-fenomena yang berkembang di tengah masyarakat.


Dengan demikian, seorang lulusan jurusan sosiologi bakal punya kemampuan analisis yang kuat untuk berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Prospek Kerja Sosiologi

Group of programmers developing new software on desktop PC's in the office. Focus is on man in the foreground.Ilustrasi prospek kerja sosiologi dan gajinya. (Istockphoto/skynesher)

Pada dasarnya ilmu sosiologi bisa diaplikasikan ke mana saja. Anda bisa bergabung dengan organisasi nirlaba yang fokus pada pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai seorang jurnalis dengan memanfaatkan kemampuan analisis yang dimiliki. Atau, bergabung ke perusahaan-perusahaan tertentu.

Peluang kerja lulusan sosiologi sangat beragam. Perkara gaji, akan tergantung pada level hingga tanggung jawab yang dimiliki.

Berikut beberapa prospek kerja sosiologi dan gajinya, mengutip laman Quipper.

1. Jurnalis

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, lulusan sosiologi memiliki bekal kemampuan berpikir kritis dan analisis yang dipelajari semasa kuliah. Bekal inilah yang bisa dimanfaatkan saat Anda memilih berprofesi sebagai seorang jurnalis.

Anda bisa memanfaatkan bekal kemampuan analisis yang dimiliki untuk melaporkan sebuah fenomena yang terjadi di tengah masyarakat menjadi sebuah karya tulis yang mendalam.

Rata-rata gaji: Rp4,3 juta per bulan

2. Aktivis dan pekerja organisasi nirlaba

Lulusan sosiologi juga bisa bergabung dengan organisasi nirlaba. Jangan khawatir, kini berbagai organisasi nirlaba tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Pilihlah organisasi nirlaba yang menjadikan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu fokusnya.

Rata-rata gaji: Rp3-6 juta per bulan

3. Peneliti

Peluang karier lulusan sosiologi berikutnya adalah menjadi seorang peneliti. Anda bisa bergabung ke sejumlah lembaga penelitian, seperti LIPI.

Gunakan kemampuan berpikir kritis dan analisis Anda untuk meneliti berbagai fenomena yang terjadi di tengah masyarakat.

Rata-rata gaji: Rp4,9-7,4 juta

4. Market researcher

Colleagues working at a womanâIlustrasi prospek kerja sosiologi dan gajinya. (Istockphoto/monkeybusinessimages)

Mendalami ilmu psikologi bukan berarti tak boleh berkecimpung di dunia bisnis. Anda bisa bergabung ke perusahaan-perusahaan swasta untuk menempati posisi market researcher.

Profesi ini bertugas untuk meneliti pasar dan memberikan analisisnya untuk perusahaan. Seorang market researcher akan memberikan masukan mengenai bagaimana produk-produk diterima oleh pasar.

Rata-rata gaji: Rp5 juta per bulan

5. Dosen dan penulis

Lulusan sosiologi juga berpeluang untuk menjadi seorang dosen dan memberikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari sebelumnya ke anak-anak didiknya.

Selain memberikan kuliah pada mahasiswa didik, seorang dosen juga bisa menjadi seorang penulis atau kolumnis yang menyoroti fenomena-fenomena sosial di tengah masyarakat.

Rata-rata gaji: Rp7 juta per bulan

Demikian informasi prospek kerja sosiologi dan gajinya yang dapat dijadikan pertimbangan saat memilih program studi.

(asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER