5 Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat dan Gajinya

tim | CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 13:14 WIB
Lulusan jurusan ini dibutuhkan di banyak tempat, mulai dari layanan kesehatan hingga perusahaan swasta. Berikut prospek kerja kesehatan masyarakat dan gajinya. Prospek kerja kesehatan masyarakat dan gajinya (Ilustrasi Foto: Pexels/Wesley Wilson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesehatan masyarakat atau kesmas merupakan jurusan kuliah dengan kesempatan kerja yang terbuka lebar di masa depan. Permintaan pekerja di bidang ini tak hanya dibutuhkan di kota-kota besar dan metropolitan, tapi juga di wilayah lainnya.

Membahas tentang prospek kerja kesehatan masyarakat dan gajinya, jurusan yang termasuk rumpun sains ini punya peluang yang menjanjikan. Bidang kesehatan masyarakat banyak dibutuhkan dalam kaitannya kesehatan dan mewujudkan kesehatan di masyarakat.

Apalagi, pemerintah juga tengah gencar memprioritaskan pertumbuhan dan perbaikan kesehatan yang tentunya membawa keuntungan tersendiri bagi lulusan jurusan kesehatan masyarakat.


Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat dan Gajinya

Doctor medical and healthcare conceptProspek kerja kesehatan masyarakat dan gajinya (Ilustrasi Foto: iStockphoto/seb_ra)


Pekerja lulusan kesehatan masyarakat dibutuhkan di banyak tempat, mulai dari layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan laboraturium; dinas kesehatan; perusahaan swasta; hingga institusi pemerintah.

Berikut bidang pekerjaan untuk jurusan kesehatan masyarakat dan kisaran gajinya.


1. Administrator kesehatan

Administrator kesehatan atau healthcare administrator bertanggung jawab atas kebijakan, fasilitas, layanan, termasuk operasional dalam organisasi agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak seperti dokter, administrator kesehatan tidak berhubungan langsung dengan pasien. Pekerjaannya lebih banyak berkutat di bidang administrasi pelayanan, perizinan, dan pelaksanaan program.

Gaji untuk level staf posisi ini bervariasi bergantung tempatnya bekerja. Rata-rata administrator kesehatan mendapatkan Rp48 juta per tahun.


2. Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 atau HSE) adalah tenaga teknis dengan keahlian khusus untuk mengawasi perusahaan demi melindungi keselamatan dan kesehatan para tenaga kerja.

Selain itu, ahli K3 juga berperan dalam mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan, serta mengidentifikasi bahaya yang mungkin atau telah terjadi.

Hampir semua perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang konstruksi atau proyek membutuhkan tenaga ahli K3. Gaji yang didapatkan seorang ahli K3 untuk level officer sekitar Rp120 juta per tahun, dan bisa lebih tinggi untuk level manajer.

3. Promotor kesehatan

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang banyak tersedia adalah promotor kesehatan atau promkes.

Promotor kesehatan bertanggung jawab untuk memberikan penyuluhan dan mendorong kesadaran masyarakat atas kesehatan jasmani maupun mental mereka.

Gaji seorang promotor kesehatan terbilang cukup baik, mulai dari Rp36 juta per tahun atau lebih bergantung pada perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.


4. Ahli gizi

ilustrasi diet rendah proteinProspek kerja kesehatan masyarakat salah satunya menjadi ahli gizi (Ilustrasi Foto: iStockphoto/kitzcorner)

Berbeda dengan dokter gizi yang memberi rekomendasi sesuai dengan kondisi medis pasiennya, ahli gizi membantu orang untuk memberikan konseling dan layanan terkait gizi yang berkualitas untuk masyarakat.

Ahli gizi bisa membuka praktik mandiri atau bekerja di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, ataupun puskesmas.

Kisaran gaji yang dapatkan seorang ahli gizi pemula Rp30-55 juta per tahun dan tak menutup kemungkinan terus naik seiring bertambahnya pengalaman dan lamanya bekerja.


5. Epidemiolog

Di masa pandemi seperti sekarang, dibutuhkan ahli yang memiliki wawasan mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit, termasuk wabah. Hal tersebut merupakan tugas seorang epidemiolog untuk mengkaji hal-hal atau faktor yang berkaitan dengan wabah.

Biro Statistik Tenaga Kerja memprediksi profesi ini akan terus tumbuh hingga 2026, merujuk Healthcare Management.

Epidemiolog bertugas menganalisis data, melakukan survei kesehatan dan membuat rekomendasi. Tak hanya itu, mereka juga menawarkan solusi berbasis data untuk mendorong kesehatan masyarakat. Menyoal gajinya rata-rata epidemiolog mendapatkan lebih dari Rp120 juta per tahun, mengutip SalaryExpert.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER