Luhut Sebut 37 Kapal Ekspor Batu Bara Siap Jalan Hari Ini

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Rabu, 12 Jan 2022 21:00 WIB
Menko Luhut memastikan Indonesia mulai membuka keran ekspor batu bara secara bertahap mulai Rabu (12/1) setelah mengamankan pasokan batu bara PLN. Menko Luhut memastikan Indonesia mulai membuka keran ekspor batu bara secara bertahap mulai Rabu (12/1) setelah mengamankan pasokan batu bara PLN. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan 37 kapal ekspor batu bara siap jalan pada hari ini, Rabu (12/1).

"37 kapal yang sudah diisi dengan batu bara dan siap ekspor hari ini, siap rilis dan mulai jalan," kata Luhut kepada wartawan di kantor Kemenkomarves.

Luhut pun memastikan bahwa larangan ekspor batu bara yang sedianya berakhir pada akhir Januari, mulai dibuka secara bertahap per hari ini.


"Ekspor secara bertahap akan mulai berjalan, asal sudah terpenuhi kewajiban dia (perusahaan batu bara) DMO nya," ujarnya.

Selain itu, Luhut turut memastikan bahwa ketersediaan pasokan batu bara untuk PT PLN (Persero) aman hingga 20 hari ke depan.

"Aman, enggak akan ada pemadaman jadi untuk yang dekat 15 hari cadangan sudah (terpenuhi), yang jauh 20 hari cadangan sudah terpenuhi," jelasnya.

Keputusan ini keluar setelah rapat virtual yang diadakan bersama sejumlah lembaga terkait seperti Kementerian ESDM, Bakamla, PLN, dan sejumlah kementerian dan lembaga terkait lainnya.

"Tidak ada satupun yang terkait dengan ini tidak hadir, sampai Bakamla. (Bakamla) yang cek tongkang yang keluar negeri sudah penuhi DMO (kewajiban pemenuhan kebutuhan dalam negeri) atau tidak," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER