Gandeng OJK, GoTo Financial Hadirkan Buku Pintar Keuangan untuk UMKM

GoPay | CNN Indonesia
Jumat, 14 Jan 2022 19:45 WIB
GoTo Financial melalui FinanSiap bersama OJK meluncurkan 'Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM' sebagai panduan bisnis bagi pelaku usaha. GoTo Financial melalui FinanSiap bersama OJK meluncurkan 'Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM' sebagai panduan bisnis bagi pelaku usaha. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia --

GoTo Financial melalui FinanSiap berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghadirkan 'Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM'. Buku ini dihadirkan sebagai panduan bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnis.

Buku tersebut diterbitkan tak lepas dari survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 yang dilakukan OJK menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen.

Hasil survei ini menunjukkan masyarakat Indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal, padahal literasi keuangan merupakan keterampilan yang penting dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan individu, perlindungan konsumen, dan peningkatan inklusi keuangan.

Anita Sukarman, Senior Vice President Public Policy and Government GoTo Financial mengatakan pihaknya ingin terus mendampingi jutaan mitra usaha, dari usaha kecil hingga enterprise, untuk bangkit bersama di tengah pandemi melalui solusi teknologi maupun non-teknologi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah berkolaborasi dengan OJK sebagai wujud komitmen GoTo Financial dalam mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan literasi keuangan bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

"Kami merilis 'Buku Pintar Finansial untuk UMKM' sebagai panduan awal bagi UMKM untuk mempelajari pengelolaan keuangan yang mendasar," ujar Anita.


Sebagai panduan awal, lanjut Anita, buku elektronik atau e-Book ini memiliki banyak manfaat dan ilmu yang bisa dipelajari oleh para pelaku usaha. Mulai dari perencanaan dan pengelolaan keuangan, pembayaran dan transaksi online, cara memperoleh modal usaha, hingga cara menghitung dan dan melapor pajak usaha.

Anita menambahkan, sejak awal, GoTo Financial selalu melengkapi rangkaian solusinya untuk semua pelaku usaha dari berbagai bidang supaya bisa bangkit bersama di masa pandemi. Misalnya dengan menawarkan solusi bisnis lengkap melalui Midtrans (payment gateway terkemuka), Moka dan GoBiz Plus (jaringan Point of Sales terbesar di Indonesia), hingga platform GoBiz, GoStore, maupun Selly yang dapat meningkatkan efisiensi usaha online.

Sementara itu, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara menjelaskan, e-book ini merupakan sumber Informasi penting bagi para pelaku UMKM agar mereka menjadi lebih pandai mengelola keuangan, bertransformasi dalam pembayaran dan transaksi secara digital, mengakses sumber permodalan, bahkan sampai dengan perhitungan serta pelaporan perpajakan.

"Kami berharap kehadiran e-book 'Buku Pintar Keuangan: Pengelolaan Keuangan Untuk UMKM' yang diterbitkan oleh GoTo ini dapat menjadi sumber inspirasi yang besar manfaatnya bagi para pelaku UMKM di Indonesia," ujarnya.

Download e-Book 'Buku Pintar Keuangan: Pengelolaan Keuangan Untuk UMKM' di sini.

(osc/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER