Serikat Pekerja Tri Resmi Melebur ke Indosat Ooredoo Hutchison

CNN Indonesia
Senin, 17 Jan 2022 20:39 WIB
Serikat pekerja PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) resmi meleburkan diri ke dalam Serikat Pekerja PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) usai kedua perusahaan merger. Serikat pekerja PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) resmi meleburkan diri ke dalam Serikat Pekerja PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) usai kedua perusahaan merger. Ilustrasi. (detikINET/Agus Tri Haryanto).
Jakarta, CNN Indonesia --

Serikat pekerja PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) resmi meleburkan diri ke dalam Serikat Pekerja PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) usai kedua perusahaan merger menjadi PT Indosat Ooredoo Hutchison pada awal tahun ini.

"Para pekerja PT H3I yang tergabung dalam Serikat Pekerja H3I menyatakan untuk mengintegrasikan diri atau melebur ke dalam Serikat Pekerja Indosat," ujar Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja Indosat Setiadi Yulianto dalam konferensi pers, Senin (17/1).

Ia mengatakan proses pembahasan untuk peleburan tersebut telah dilakukan sejal kuartal II 2021 menyusul berita mergernya kedua perusahaan.


Setelah melalui berbagai pembahasan, akhirnya pada 3 Januari 2021 lalu Serikat Pekerja H3I sepakat untuk bergabung dengan Serikat Pekerja Indosat.

Dengan keputusan tersebut, Setiadi mengatakan Serikat Pekerja Indosat menjadi satu-satunya wadah bagi pekerja IOH untuk menyampaikan aspirasi di dalam hubungan industri, melindungi hak pekerja dan sebagai mitra strategis perusahaan.

"Serikat Pekerja Indosat semakin kokoh dengan bertambahnya anggota baru dan serikat pekerja akan kuat dengan anggota-anggota yang solid dan paham tentang hak dan kewajiban," sambungnya.

Setiadi mengatakan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Indosat sendiri telah ditandatangani pada 30 November 2021 lalu dan disahkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) pada 13 Desember 2021.

PKB sendiri merupakan kesepakatan bersama antara serikat pekerja dan perusahaan yang berisi aturan-aturan mengenai hak dan kewajiban pekerja dan perusahaan.

"Di awal 2022 ini kami akan melakukan sosialisasi PKB 2021-2023 ke seluruh pekerja Indosat," tandas Setiadi.

Serikat Pekerja Indosat merupakan afiliasi dari Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Aspek Indonesia Mirah Sumirat mengatakan mendukung penuh aksi peleburan serikat pekerja tersebut.

Menurutnya, serikat pekerja dari kedua perusahaan tidak bisa bekerja sendiri. Tapi keduanya harus bergabung untuk membangun jaringan dan bekerja sama dengan baik tanpa ada kepentingan dari salah satu golongan.

"Semua bekerja sama untuk saling menguatkan, tentu ujungnya adalah menguatkan perusahaan, dalam hal ini karena sudah bergabung yaitu di PT IOH," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER