Warga Serbu Indomaret hingga Alfamart Beli Minyak Goreng Rp14 Ribu

thd | CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 20:49 WIB
Masyarakat ramai-ramai ke pasar ritel modern untuk memborong minyak goreng seharga Rp14 ribu pada Rabu (19/1). Masyarakat ramai-ramai ke pasar ritel modern untuk memborong minyak goreng seharga Rp14 ribu pada Rabu (19/1). (Antara Foto/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia --

Masyarakat agaknya tak sabar membeli minyak goreng dengan harga Rp14 ribu per liter. Beberapa warga langsung berdatangan ke beberapa minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart demi mendapatkan minyak goreng dengan harga murah meriah.

Maklum, pemerintah mulai melakukan operasi pasar dengan mewajibkan seluruh pasar modern menjual minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter.

Dwi sempat pergi ke Indomaret untuk membeli minyak goreng setelah mendengar kabar tersebut. Sialnya, ketika sampai di lokasi, stok minyak goreng sudah habis.


"Cek tapi habis, bahkan nggak tertinggal satu liter," kata Dwi kepada CNN Indonesia.

Perempuan berumur 25 tahun itu akhirnya mencari ke Alfamart. Tak sia-sia, Dwi akhirnya mendapatkan minyak goreng ukuran 2 liter.

Namun, keinginannya untuk memborong minyak goreng kemasan 2 liter tak terwujud. Pengelola toko hanya mengizinkan pelanggan membeli minyak goreng ukuran 2 liter maksimal satu kemasan, tak bisa lebih.

"Karena dulu kan melonjak banget kan tinggi sekitar Rp40 ribu ke atas, pas lagi turun kebetulan ini kebutuhan pokok juga sih buat setiap hari," cerita Dwi.

Begitu juga dengan Lisa. Perempuan berumur 50 tahun itu pergi ke Alfamart untuk memborong minyak goreng ukuran 2 liter.

"Tadinya mau beli beberapa tapi kan enggak boleh, hanya boleh satu," kata Lisa.

Namun, Lisa mengaku ia sengaja membeli minyak goreng bukan karena semata-mata harganya turun, melainkan stok di rumah sudah habis.

"Karena memang lagi perlu dan memang lagi turun juga. Tapi mahal atau enggak tetap harus dibeli karena memang harus dipakai," ungkap Lisa.

Lisa mengatakan tak akan kembali ke Alfamart untuk membeli lebih. Pasalnya, ia sadar hal itu berlebihan.

"Nggak, kalau sengaja balik lagi untuk membeli lebih sih nggak," ucap Lisa.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan minyak goreng seharga Rp14 ribu dijual serentak di seluruh pasar modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mulai hari ini. Rencananya, program akan berlangsung hingga enam bulan ke depan.

Pemerintah, tambah Lutfi, menggelontorkan dana sebesar Rp7,6 triliun guna membiayai subsidi 250 juta liter minyak goreng kemasan per bulan atau setara 1,5 miliar liter selama enam bulan bagi masyarakat.

[Gambas:Video CNN]

(thd/aud)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER