Jelang MotoGP 2022, Hotel di Lombok 'Fully Booked'

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Kamis, 20 Jan 2022 12:10 WIB
Hotel dan penginapan yang ada di kawasan wisata Mandalika dan Senggigi, Lombok, NTB, sudah penuh dipesan jelang perhelatan MotoGP Maret 2022. Hotel dan penginapan yang ada di kawasan wisata Mandalika dan Senggigi, Lombok, NTB, sudah penuh dipesan jelang perhelatan MotoGP Maret 2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Lalu Rahmat).
Mataram, CNN Indonesia --

Hotel dan penginapan yang ada di kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah dan kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat sudah penuh dipesan (fully booked) jelang perhelatan MotoGP 2022. 

Untuk mencari alternatif lain, Dinas Pariwisata Provinsi NTB mulai mengecek secara langsung kesiapan penginapan di masing masing daerah untuk menyambut gelaran yang akan dilaksanakan pada 18 Maret-20 Maret 2022 itu.

Pada Rabu (19/1), jajaran Dinas Pariwisata Provinsi NTB mengunjungi kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, dan langsung meninjau kesiapan homestay dan hotel di kawasan pantai selatan.


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi menyampaikan tujuan dari kunjungan tersebut juga untuk melihat kesiapan atraksi seni budaya dan produk ekraf pada ajang balap motor itu.

"Konsentrasi hotel berada di utara dan selatan Lombok Timur, homestay dan camping ground berada di utara dan tengah, sedangkan bangunan milik pemerintah yang ada seperti rusun, ada di bagian utara dan tengah," ujar Yusron di sela kunjungan tersebut.

Yusron juga meminta agar Dinas Pariwisata Lombok Timur menginventarisasi kemungkinan rumah penduduk yang bisa disewakan selama pagelaran tersebut.

Dalam kunjungan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur Mugni melaporkan terdapat 1.532 kamar yang tersedia di Kabupaten Lombok Timur, untuk para penonton MotoGP Mandalika nanti.

Kamar yang masih tersedia tersebut pada hotel berbintang, villa, camping ground, homestay, sarana hunian pariwisata (sarhunta) dan juga cadangan rusunawa sebanyak 200 kamar yang berada di Labuhan Haji dan Labuhan Lombok.

Seorang warga, Ahmad Rozi berharap pemerintah memanfaatkan gedung Asrama Haji atau Balai Latihan Kerja bertaraf Internasional yang ada di Lombok untuk mengantisipasi kekurangan penginapan.

"Sebaiknya pemerintah juga memanfaatkan Wisma Haji, Balai Latihan Kerja Internasional yang ada di Lombok, kami juga warga siap menjadi tuan rumah yang baik untuk menghadapi tamu tamu yang datang dalam event MotoGP Mandalika Maret 2022 nanti," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(lal/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER