Jokowi: Tidak Boleh Ada Lagi Cerita Akses Kredit Sulit Bagi UMKM

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Kamis, 20 Jan 2022 11:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin lagi mendengar ada akses kredit sulit kepada UMKM yang menjadi penopang perekonomian Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin lagi mendengar ada akses kredit sulit kepada UMKM yang menjadi penopang perekonomian Indonesia. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin akses kredit usaha dan pembiayaan ke usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin mudah. Terlebih, 99 persen pelaku usaha di Tanah Air didominasi oleh 'wong cilik'.

"Tidak boleh ada lagi cerita misalnya akses kredit yang sulit, akses pembiayaan di sektor informal yang sulit, UMKM yang kesulitan akses permodalan, koperasi yang sulit akses permodalan," kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kamis (20/1).

Dengan memberikan kemudahan permodalan dan akses pembiayaan, Jokowi berharap peluang pemuda untuk memulai usaha semakin besar. Tak hanya itu, kemudahan tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan kelas pelaku usaha kecil.


"Ini harus bisa kita dipermudah dan percepat sehingga memberikan peluang lebih besar bagi generasi muda yang memulai usaha dan UMKM untuk mengembangkan usaha dan memperbesar skala usahanya,"

Jokowi menilai pelaku usaha kecil dan menengah memiliki peran yang penting dalam mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi. Pelaku usaha UKM juga dinilai dapat menyelesaikan masalah rantai pasok yang kini tengah melanda dunia.

"UMKM dapat berperan mengatasi persoalan bottleneck supply chain akibat tingginya tren kenaikan permintaan yang belum mampu dipenuhi para pemasok," katanya.

Lebih lanjut, Jokowi turut mengapresiasi keberhasilan UMKM dalam bertransformasi di tengah kesulitan akibat pandemi.

"Keberhasilan UMKM untuk bertransformasi saat pandemi menjadi modal awal yang penting untuk membawa mereka naik kelas ke level yang tinggi dan menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi yang sedang kita lakukan," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER