Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 3 Bulan Mulai 26 Januari

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 23:49 WIB
Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat untuk menghubungi maskapai terkait jika sudah terlanjur membeli tiket pesawat. Bandara Halim Perdanakusuma ditutup mulai 26 Januari mendatang untuk direvitalisasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perhubungan menyatakan Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup mulai Rabu, 26 Januari mendatang. Aktivitas penerbangan disetop selama 3,5 bulan lantaran ada proses revitalisasi di bandara tersebut.

"Dengan dimulainya revitalisasi, Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengutip Antara, Jumat (21/1).

Adita menjelaskan bahwa revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022.


Revitalisasi mencakup perbaikan fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

"Kami informasikan adanya penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma lebih awal agar seluruh pihak terkait siap untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan dampak dari adanya penutupan tersebut," ujarnya.

Adita lalu mengimbau kepada masyarakat yang sudah membeli tiket pesawat untuk segera menghubungi pihak maskapai terkait.

Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub sudah berkoordinasi dengan operator bandara dan semua maskapai untuk menangani pembatalan penerbangan, 'refund' tiket, pengalihan rute penerbangan, dan lain sebagainya.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah membeli tiket pesawat dengan keberangkatan melalui Bandara Halim, untuk menghubungi pihak maskapai agar dilakukan proses penanganan selanjutnya," tutur Adita.

Revitalisasi di Bandara Halim Perdana Kusuma berupa pembangunan di sisi udara maupun sisi darat, yakni meliputi penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Kemudian renovasi gedung Naratetama dan Naratama; renovasi bangunan operasi; perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara; dan penataan fasilitas lainnya.

(Antara/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER