Jokowi: Pagar Alam Akan Jadi Kota Pertama Yang Gunakan Energi Hijau

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 17:40 WIB
Presiden Jokowi menyebut Kota Pagar Alam, Sumsel, akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau dan sebagai kota zero emission. Presiden Jokowi menyebut Kota Pagaralam, Sumsel, akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau dan sebagai kota zero emission. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau sebagai sumber energi utama dalam kegiatan masyarakatnya.

"Ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama, kalau bisa nanti ditindaklanjuti ke penggunaan listrik yang lainnya. Pagar Alam akan menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau," kata Jokowi dalam Apresiasi Kota Pagar Alam sebagai Kota Energi Hijau, Senin (24/1).

Status tersebut dapat terwujud apabila Pagar Alam juga menggunakan listrik dari energi hijau sebagai sumber energi utama untuk kendaraan hingga kebutuhan sehari-hari masyarakatnya.


Sebagai bentuk apresiasi, Jokowi telah memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Sumatera Selatan untuk mulai melakukan perencanaan terkait bantuan untuk pengembangan energi hijau di Kota Pagar Alam.

"Saya tadi sudah menyampaikan kepada Pak Menteri BUMN, kepada Pak Gubernur Sumatera Selatan dan juga Pak Walikota Pagar Alam agar mulai direncanakan (pengembangan energi hijau). Pemerintah pusat akan bantu di tempat-tempat yang bisa dibantu," terang dia.

Jokowi optimistis Pagar Alam akan menjadi kota yang dapat dicontoh oleh seluruh daerah di Indonesia dalam bidang energi baru dan terbarukan (EBT).

"Sebuah brand baru enegi hijaunya. Saya yakin, insyaallah seluruh Tanah Air akan melihat ke Kota Pagar Alam, dimana keindahan alam hijau, energinya juga EBT, orang akan merasakan betapa yang namanya tanpa polusi itu didambakan," jelasnya.

Sebagai informasi, Kota Pagar Alam yang berlokasi 298 kilometer dari Ibu Kota Sumatera Selatan, yakni Palembang memiliki luas daerah sebesar 633 kilometer persegi.

Sumber energi utama Kota Pagar Alam berasal dari 3 pembangkit EBT yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Green Lahat dengan kapasitas 9,99 Megawatt, Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai dengan kapasitas 55 Megawatt, dan PLTP Rantau Dedap dengan kapasitas 91,2 Megawatt.

[Gambas:Video CNN]



(fry/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER