Bahlil: Karyawan Enggak Mungkin Jadi Orang Kaya

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 17:35 WIB
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan karyawan tidak mungkin menjadi orang kaya seperti pengusaha. Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan karyawan tidak mungkin menjadi orang kaya seperti pengusaha. (Rusman - Biro Pers).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan karyawan tidak mungkin menjadi orang kaya. Hal ini disampaikan lantaran banyak mahasiswa yang ia tanyakan ingin menjadi kaya namun enggan menjadi pengusaha.

"Saya tidak mengerti rumusan ekonomi apa yang menyebut menjadi ASN (aparatur sipil negara) membuat orang jadi kaya, yang namanya karyawan enggak mungkin kaya, terkecuali Allah berkehendak lain," kata Bahlil dalam Indonesia Economy Outlook 2022, Selasa (25/1).

Bahlil pun membongkar gaji yang ia peroleh sebagai menteri investasi tidak lebih dari Rp20 juta per bulan. Menurutnya, gajinya sebagai komisaris di sebuah perusahaan jauh lebih tinggi dibandingkan menjadi pejabat publik.


"Jadi jangan berpikir jadi pejabat itu duitnya banyak, enggak ada, kewenangannya iya tapi untuk kesejahteraan rakyat. Deputi-deputi saya ini, gaji mereka enggak lebih dari Rp100 juta, dulu saya kerja di perusahaan jadi komisaris minimal gaji kita Rp200 juta. Jadi enggak bisa ke mal lagi sekarang," canda Bahlil.

Untuk itu, ia berharap agar mahasiswa dapat mengubah pola pikir usai lulus dari perguruan tinggi bukan menjadi karyawan melainkan menjadi wirausaha.

"Bagaimana merubah mindset atau pola pikir mahasiswa dari karyawan menjadi entrepreneur," ucaonya.

Menurut Bahlil, upaya mengubah pola pikir mahasiswa untuk menjadi pengusaha perlu dukungan pemerintah. Dukungan yang dimaksud dapat berupa kemudahan izin berusaha, sehingga mahasiswa berminat menjadi pelaku usaha.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi, pemerintah harus menata regulasi sebagai instrumen dengan cara mahasiswa yang baru selesai kuliah atau siswa SMK bisa kita ubah untuk menjadi pengusaha. Tapi pemerintah harus hadir dengan izinnya harus gampang, modalnya harus diberikan," ujarnya.

Bahlil mengklaim, dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, izin berusaha saat ini sudah dipermudah dengan hanya mengakses Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko.

"Begitu saya jadi Kepala BKPM kita mendorong UU Cipta Kerja dan kita bikin seluruh perizinan gampang. Apalagi adik-adik yang mau jadi UMKM, izinnya enggak perlu ketemu menteri langsung lewat OSS Berbasis Risiko dan itu terpusat di Kementerian Investasi," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fry/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER