DPR Tagih Janji Kampanye Jembatan 'Jokowi' ke Menteri Basuki

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 19:21 WIB
Komisi V DPR menagih janji kampanye Jokowi soal Jembatan Kapuas 3 lewat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Komisi V DPR menagih janji kampanye Jokowi soal Jembatan Kapuas 3 lewat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi V DPR menagih janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun Jembatan Kapuas 3 di wilayah Kalimantan Barat yang masih belum terlaksana hingga kini. Janji tersebut ditagih kepada pembantu Jokowi, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Kemudian ada satu yang belum masuk, sebagaimana sesuai kesepakatan kita berkaitan dengan Jembatan Kapuas 3. Tapi saya dengar-dengar akan diambilkan dari sisa lelang," tutur Syarief Abdullah Alkadrie, anggota DPR Komisi V Daerah Kalimantan Barat pada Rapat Kerja Komisi V dengan Kementerian PUPR, Selasa (25/1).

"Karena ini merupakan satu program yang dijanjikan juga oleh Presiden (Jokowi), pada saat kampanye di Kalimantan Barat pada waktu kampanye Pilpres, di kubu resort," lanjutnya.


Memang, ia menyebut satu dari dua projek yang dijanjikan Jokowi di Kalimantan Barat sudah dilaksanakan, yakni Jalan Tol Pontianak. Namun, Jembatan Kapuas 3 masih belum kunjung direalisasikan.

"Ada dua kampanye beliau, memang pada waktu itu pra-FS Jalan Tol Pontianak Singkawang sudah keluar dan waktu itu beliau mengatakan jembatan Kapuas 3 dan kemudian jalan Tol Singkawang akan diprogramkan di Kalimantan Barat. Karena daerah itu merupakan daerah strategis, nah saya berharap untuk ini paling tidak FS-nya," imbuh Syarief.

Sebagai informasi,Gubernur Kalbar Sutarmidji sebelumnya mengusulkan kepada Bappenas RI untuk menjadikan Jembatan Kapuas 3 menjadi proyek prioritas nasional pada 2022.Proyek ini diperkirakan menelan biaya Rp1,3 triliun.

"Proyek prioritas Kalbar dalam mendukung pelaksanaan proyek mayor dan prioritas nasional yang kami usulkan ke Bappenas, antara lain pembangunan Jembatan Kapuas 3 di Kubu Raya," ungkap Sutarmidji dilansir dari Antara.

[Gambas:Video CNN]



(tdh/bir)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER