Bandara Ibu Kota Baru Ditargetkan Rampung pada 2024

CNN Indonesia
Selasa, 22 Feb 2022 17:03 WIB
Kemenhub menargetkan pembangunan bandara ibu kota baru (IKN) di Kalimantan Timur rampung pada 2024 mendatang. Kemenhub menargetkan pembangunan bandara ibu kota baru (IKN) di Kalimantan Timur rampung pada 2024 mendatang. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan pembangunan bandara penunjang ibu kota baru (IKN) yang terletak di Kecamatan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dapat rampung pada 2024 mendatang.

"Saya optimistis bandara baru bisa diselesaikan pada 2024," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau titik lokasi calon bandara baru bersama dengan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Ketua Satuan Tugas Pembangunan IKN Danis Sumadilaga, dan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, lewat keterangan resmi, Selasa (22/2).

"Melihat situasi di lapangan dan pengalaman membangun Bandara YIA yang ukurannya sama, itu bisa dilaksanakan," lanjut Budi Karya.

Budi mengatakan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis, yakni di antara kawasan ibu kota baru dengan Balikpapan.

"Lokasi ini akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN," katanya.

Menurutnya, bandara tersebut akan diakomodasi dengan landas pacu (runway) sepanjang 3.000 meter x 45 meter yang bisa didarati pesawat berbadan besar, seperti Boeing 777.

Ia juga mengatakan akan berkoordinasi dengan TNI AU terkait penggunaan bandara ibu kota baru untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

Sebelumnya, Menhub juga melakukan rapat koordinasi dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara, Pemerintah Daerah, dan unsur terkait lainnya di Bandara Aji Muhammad Sulaiman, untuk membahas kesiapan sektor transportasi udara mendukung rencana pemindahan IKN.

[Gambas:Video CNN]



(tdh/bir)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER