Pemerintah Rogoh APBN Rp2,4 T untuk Pembangunan Sirkuit Mandalika

CNN Indonesia
Minggu, 20 Mar 2022 11:45 WIB
Anggaran APBN sebesar Rp2,4 triliun yang diinvestasikan untuk pembangunan sirkuat Mandalika disebut dibagi dalam 3 pembiayaan. Ilustrasi sirkuit Mandalika. Anggaran APBN sebesar Rp2,4 triliun yang diinvestasikan disebut DJKN dibagi dalam 3 pembiayaan. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mengungkapkan uang negara sebesar Rp2,49 triliun dikucurkan untuk membiayai pembangunan sirkuit Mandalika di Lombok, NTB.

"MotoGP Indonesia resmi dimulai, mau tahu gak peran APBN dalam momentum bersejarah ini?" ujarnya lewat akun Instagram @ditjenkn, Sabtu (19/3).

DJKN merincikan APBN yang diinvestasikan dibagi dalam 3 pembiayaan.


[Gambas:Instagram]



Pertama, penanaman modal negara (PMN) dan non tunai kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berupa lahan dan pembiayaan pembangunan infrastruktur dasar senilai Rp1,3 triliun.

Kedua, pengalokasian APBN melalui anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) untuk pembangunan sarana dan prasarana di sekitar sirkuit Mandalika sebesar Rp1,18 triliun.

Salah satunya seperti yang diungkapkan Kemenhub pada Februari lalu. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan anggaran sebesar Rp21,25 miliar.

Anggaran itu digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari pembangunan halte bus, penerangan jalan umum, hingga rekayasa lalu lintas selama gelaran balapan motor tersebut berlangsung.

Sementara itu pembiayaan APBN yang ketiga adalah pemberian fasilitas kepabeanan dan perpajakan impor barang modal dalam rangka pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika senilai Rp12,75 miliar.

Selain itu, DJKN juga memberikan kemudahan prosedural kepabeanan dan perpajakan di kawasan KEK Mandalika.

(wel/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER