Daftar 7 Mata Uang Terendah di Dunia, Salah Satunya Rupiah

CNN Indonesia
Kamis, 31 Mar 2022 14:00 WIB
Berikut daftar 7 mata uang terendah di dunia, salah satunya Rupiah. Berikut daftar 7 mata uang terendah di dunia, salah satunya Rupiah. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
CNN Indonesia --

Hampir setiap negara di dunia memiliki mata uang sendiri yang digunakan sebagai alat pembayaran. Namun, beda mata uang, berbeda pula nilainya. Karena itulah terdapat mata uang dengan yang tertinggi dan yang terendah.

Tinggi-rendahnya mata uang suatu negara dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap nilai mata uang yakni tingkat permintaan dan penawaran terhadap mata uang.

Selain itu, krisis ekonomi, pengaruh inflasi, komoditas negara, cadangan mata uang juga berpengaruh terhadap nilai mata uang suatu negara.

Berikut 7 mata uang terendah di dunia 2022, dirangkum dari laman Fxssi.

1. Rial Iran (IRR)

Pada posisi pertama mata uang terendah di dunia adalah Rial Iran. Rial Iran atau yang memiliki kode IRR memiliki nilai tukar dengan Dolar AS mencapai nominal antara 40.000 hingga 42.290 ribu Rial Iran per 1 Dolar AS.

Untuk menyiasati tingginya nilai tukar Rial Iran terhadap Dolar AS, pemerintah Iran melakukan kebijakan dengan mengganti mata uang Rial Iran menjadi Toman dan juga memangkas empat nol pada mata uang Rial Iran.

2. Dong Vietnam (VND)

A composition of Vietnamese dong, VND banknotes providing great options to be used for illustrating subjects as business, banking, media, etc.Dong Vietnam termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia 2022. (iStockphoto/Todor Dinchev)

Negara berikutnya yang memiliki nilai tukar terhadap Dolar AS yang cukup tinggi adalah Vietnam. Setiap 1 Dolar AS bisa ditukarkan dengan lebih dari 22.000 Dong Vietnam.

Hal ini akan menjadi semakin besar lagi jika Anda menukar uang Euro dengan Dong Vietnam, Anda akan mendapatkan lebih dari 25.000 Dong Vietnam.

3. Rupiah Indonesia (IDR)

Meski memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil dan menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, nyatanya hal ini tak berjalan lurus dengan nilai tukar mata uang Rupiah Indonesia atau IDR terhadap Dolar AS dan juga Euro yang masih cukup tinggi hingga kini.

Setiap 1 Dolar AS kini setara dengan lebih dari Ro14.300 atau juga sekitar nyaris Rp16.000 untuk 1 Euro yang ditukarkan.

4. Leone Sierra Leone (SLL)

Leone Sierra Leone atau yang memiliki kode SLL menjadi salah satu mata uang dari 7 mata uang terendah di dunia. Sierra Leone memiliki berbagai macam hambatan untuk memajukan ekonominya. Sebut saja perang dan juga wabah Ebola.

Untuk 1 Dolar AS jika ditukarkan menjadi Leone Sierra Leone akan mendapatkan tak kurang dari 11.800 ribu SLL dan sekitar 13.000 untuk Euro.

Mata uang terendah di dunia, lanjut halaman sebelah...

Mata Uang Terendah di Dunia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER